Sulit Menghapal Dialog Inggris Jadi Alasan Jackie Chan Enggan ke Hollywood

Supriyanto | 23 Desember 2022 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jackie Chan tidak pernah merasa bersaing dengan Bruce Lee. Meski dibanding-bandingkan, Jackie mengaku dirinya masih jauh dari Bruce Lee karena sulit menembus Hollywood.

Jackie Chan menceritakan, di tahun 1980-an setelah Bruce Lee meninggal, dirinya sempat menolak saat ditawari berkarier di Hollywood.  Kala itu ia diproyeksikan untuk menjadi penerus legenda film laga tersebut.

Alasan Jackie menolak lantaran tidak percaya diri. Bahasa jadi alasan terbesar. Ia mengaku dirinya tak pandai berbahasa Inggris dan kesulitan untuk menghafal dialognya.

“Aku bisa sebulan hanya untuk menghafal satu kalimat dan aku bahkan sampai mengulanginya di mimpi. Aku sering salah mengucapkan 'ng' dan akhirnya berhasil, maka seluruh kru akan merayakannya. (Namun) tak ada yang memperhatikan gerakanku,” ungkap Jackie Chan.

“Saat itu aku merasa tak bisa melanjutkan hal ini, jadi aku menyerah untuk (berkarir) di Hollywood,” beber Jackie Chan.

Apalagi setelah merilis film The Protector (1985) gagal di pasaran dan membuatnya semakin yakin untuk kembali berkarier di Hong Kong. 

Setelahn 10 tahun, film Rumble in The Bronx membawa Jackie ke dalam jajaran film arus utama Amerika. Dibintangi oleh Jackie Chan dan Anita Mui film tersebut sukses dirilis di  di bioskop Hollywood. Kemudian Rush Hour melancarkan jalannya menembus industri besar tersebut.

Rasa penasaran dan jerih payahnya terbayarkan sudah setelah Rush Hour berhasil meraup sukses. Bahkan film itu akan kembali dibuat sekuel ke-4 nya dalam waktu dekat.

"Manajer saya berkata, lihat ada skrip, dan itu berjudul Rush Hour. Saya berkata, 'Tidak, (jadi) polisi Hong Kong? Saya tidak akan melakukannya.' Dia berkata, 'Jackie, kenapa kamu tidak mencoba terakhir kali. Saya bilang oke, ini yang terakhir kali," beber Jackie Chan.

Chan melanjutkan dengan mengatakan bahwa dia menerima telepon dari Ratner dan Tucker setelah film tersebut dirilis. Mereka mengatakan soal kesuksesan Rush Hour.

"Bung, kami sukses besar. Kita (mendapatkan) 70 juta USD di akhir pekan pertama. Bagi saya, saya tidak menghitung berapa 70 juta itu. Saya tidak tahu box office. Saya hanya tahu itu pasti sukses (dengan jumlah pendapatan sebesar itu)," pungkas Jackie Chan.(pri)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait