Menanti Puluhan Tahun, Michelle Yeoh Akhirnya Meraih Penghargaan Golden Globe 2023

Vallesca Souisa | 12 Januari 2023 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Michelle Yeoh akhirnya berhasil mendapat kemenangan pertamanya, setelah 40 tahun berkarier di Hollywood pada ajang Golden Globes Awards 2023. Ia menyabet penghargaan Best Actress in a Motion Picture – Musical or Comedy untuk perannya sebagai Evelyn Wang di ‘Everything Everywhere All at Once’ di usia 60 tahun.

Golden Globes Awards ke-80 dihelat di Beverly Hilton Hotel, California, AS. Ajang ini menjadi pesta penghargaan bagi industri film dan televisi terbaik di Amerika Serikat sepanjang 2022 lalu.

Michelle Yeoh menyampaikan pidato yang mengharukan, dengan mengingat kembali momen ketika ia pertama kali datang ke Hollywood dan akhirnya berhasil meraih penghargaan di usianya yang ke-60.

Ini adalah momen bersejarah karena menjadi piala Golden Globe pertama aktris Asia tersebut setelah berkarier selama 40 tahun di industri perfilman Hollywood. Michelle mulai berkarier di Hollywood semenjak 1997 melalui film James Bond, Tomorrow Never Dies.

“Saya hanya akan berdiri di sini dan menerima semua ini,” katanya, sambil memegang trofi patung emas. “40 tahun … Saya tidak akan melepaskan ini.”

Dia melanjutkan, “Ketika saya pertama kali datang ke Hollywood, itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan … sampai saya tiba di sini. Saya datang ke sini dan diberi tahu, ‘Anda adalah minoritas’,” ujarnya.

Yeoh kemudian bekerja dengan sutradara terkenal termasuk Steven Spielberg, Rob Marshall, dan James Cameron. Tetapi waktu terus berjalan, dan Michelle menemukan bahwa peluang mulai menyusut seiring bertambahnya usia.

“Saya pikir, ‘Hei, ayolah gadis. Anda memiliki lari yang sangat, sangat bagus’,” katanya.

Dan kemudian akhirnya momen itu datang. “Terima kasih A24 karena percaya pada dua genius yang konyol, gila-gilaan, dan luar biasa ini, [sutradara Daniel Kwan dan Daniel Scheinert], yang memiliki keberanian untuk menulis tentang seorang imigran yang sangat biasa, wanita tua, ibu, anak perempuan,” katanya.

Yeoh melanjutkan, “Saya diberi hadiah bermain wanita ini yang beresonansi sangat dalam dengan saya dan dengan begitu banyak orang karena, pada akhirnya, di alam semesta apa pun dia berada, dia berjuang untuk cinta, untuk keluarganya,” dia menegaskan.

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait