Sebut Michelle Yeoh Aktris Hong Hong, Menteri Ini Dikritik Netizen Malaysia

Binsar Hutapea | 15 Januari 2023 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Michelle Yeoh memenangkan penghargaan Aktris Terbaik di ajang Golden Globe untuk kategori Film Musikal dan Komedi berkat perannya di Everything Everywhere All At Once (2022). Prestasi ini membuat aktris mencetak sejarah sebagai orang Malaysia pertama yang memenangkan penghargaan Golden Globe.

Meski sudah jelas-jelas berasal dari Malaysia, seorang pejabat Hong Kong malah menyebut Michelle sebagai “aktris Hong Kong”. Dalam sebuah pernyataan, Menteri Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Hong Kong menulis: “Michelle Yeoh pertama kali mendapatkan ketenaran di sektor film Hong Kong, kemudian pindah ke panggung internasional dengan akting dan kerja keras yang luar biasa. Kami benar-benar diberdayakan dengan fakta bahwa para aktor Hong Kong terus bersinar di industri film global.”

Pernyataan itu bikin publik Malaysia melayangkan kritik pada sang menteri.

“Dia tidak memiliki akal sehat, dia orang Malaysia! Anda tidak mengerjakan pekerjaan rumah, tapi Anda berani menjadi menteri,” kata netizen.

“Jadi siapa pun yang berbicara bahasa Kanton adalah orang Hongkong?” kritik yang lain. 


Dalam postingan di Instagram pada pekan lalu, Michelle Yeoh mengunggah foto dirinya dikelilingi karangan bunga mawar. Di bagian caption, ia berterima kasih kepada para pemimpin Malaysia, Raja dan Ratu, serta keluarga besarnya di Hong Kong dan Tiongkok, atas cinta dan ucapan selamat yang diberikan kepadanya setelah memenangkan Golden Globe.

“Terima kasih atas curahan cinta dan ucapan selamat dari teman-teman keluarga di seluruh dunia… Raja dan Ratu saya dan Perdana Menteri dan para pemimpin Malaysia, keluarga besar saya di HK di Tiongkok… rasa terima kasih saya yang terdalam… di situlah perjalanan saya dimulai sebagai seorang aktor yang membawa saya ke sini hari ini. Terima kasih atas semua cinta dan dukungan Anda,” tulisnya di Instagram.

Di bagian caption, Michelle juga berterima kasih kepada "cintanya" di Jenewa dan Paris, serta rekan-rekannya di Amerika Serikat.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait