Ikuti Jackie Chan, Donnie Yen Gabung dengan Komite Politik Partai Komunis Tiongkok

Binsar Hutapea | 21 Januari 2023 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bintang aksi Hongkong Donnie Yen (59) secara resmi diumumkan sebagai salah satu anggota baru Komite Konferensi Permusyawaratan Politik Rakyat Tiongkok atau CPPCC pada Rabu (18/1). CPPCC adalah badan penasihat politik di Republik Rakyat Tiongkok dan merupakan bagian sentral dari Partai Komunis Tiongkok.

Donnie, yang lahir di Guangzhou, Tiongkok, menetap sebentar di Hong Kong bersama keluarganya ketika masih muda, sebelum akhirnya pindah ke Amerika Serikat, tempat dia menghabiskan sebagian besar masa remajanya.

Dia memegang kewarganegaraan Hong Kong dari tahun 1963 hingga 1974, dan kemudian berkewarganegaraan AS dari 1974 hingga 2010. Dia kemudian meninggalkan kewarganegaraan AS pada tahun 2010, dan telah memegang kewarganegaraan Hong Kong sejak 2009.

Donnie Yen dikenal sangat melindungi budaya Tiongkok dan menolak untuk tampil dalam proyek film asing yang menggambarkan warga dan budaya Tiongkok secara negatif.

Selain Donnie, beberapa selebritas sebelumnya pernah bertugas di komite CPPCC provinsi dan kota.

Donnie Yen (Instagram)

Pekan lalu, Mario Ho, putra mendiang raja kasino Stanley Ho, mengungkapkan di media sosial telah menjadi anggota CPPCC Hubei.

Aktor dan sutradara Hong Kong Stephen Chow telah menjadi anggota CPPCC Guangdong sejak 2013, sementara bintang Hong Kong Kenny Ho dan Jordan Chan masing-masing menjadi anggota CPPCC Kota Huizhou sejak 2008 dan 2014.

Sementara itu, bintang seni bela diri Jackie Chan bergabung dengan CPPCC Pusat pada tahun 2013, dan kemudian terpilih kembali pada tahun 2018.

Sebagai anggota, Donnie akan dapat menghadiri pertemuan tahunan Komite Nasional CPPCC, dan berpotensi mengajukan proposal dan proyek baru.

Tahun lalu, pada pertemuan tahunan, Jackie Chan mengajukan proposal yang meminta pendanaan untuk membangun bioskop di pedesaan Tiongkok.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait