Cerita Donnie Yen 2 Kali Nyaris Buta Gara-gara Dihajar Jet Li

Binsar Hutapea | 8 Maret 2023 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Aktor Donnie Yen (60) menjadi aktor sekaligus koreografer film laga sejak tahun 1980-an.

Donnie membintangi banyak film seni bela diri sejak debutnya. Dalam sebuah wawancara dengan Majalah GQ, sang bintang bicara tentang suka dukanya menjadi aktor laga, termasuk soal kejadian dua kali nyaris buta gara-gara Jet Li.

Bersama Jet Li, Donnie Yen ikut membintangi film Once Upon A Time In China II (1992). Di sana keduanya melakukan pertarungan menggunakan dua tongkat. Pertarungan ini sering disebut-sebut sebagai salah satu adegan aksi terbaik di sinema Hong Kong.

“Kami berdua menggunakan tongkat tebal dan cukup berat. Jika terkena kepala, pasti akan menjatuhkan Anda. Ada gerakan di mana dia (Jet Li)berputar 360 derajat, mengayun ke arahku dan saya menahannya. Setelah sekitar 30 take, dia meleset. Alih-alih datang (dari atas ke bawah), dia datang secara horizontal. Dia memukulku tepat di alisku dan saya terlempar ke belakang sekitar dua meter. Lima detik kemudian saya berkata, 'Tunggu!' Saya melihat tangan saya dan darah berceceran. Saya tidak bercanda, itu tumpah seperti semprotan shower. Itu seperti ... (film) Kill Bill, ” kenangnya.

Donnie kemudian dilarikan ke rumah sakit di mana dia menerima enam jahitan (di dekat mata kirinya) tetapi kembali syuting keesokan harinya.

Once Upon A Time In China II (Istimewa)

“Sehari setelahnya, mereka menelepon saya dan berkata, 'Apakah kamu baik-baik saja? Bisakah Anda datang untuk close-up di sisi kanan?’ Pada saat itu, saya berpikir, ‘Close-up? Anda akan melihat jahitan saya.’… Tapi mereka mengambil gambar saya dari sisi lain sehingga Anda tidak bisa melihat (lukanya),” katanya.

Pasangan ini bersatu kembali 10 tahun kemudian dalam film wuxia, Hero.

Donnie ingat bahwa mereka menghabiskan 21 hari syuting adegan perkelahian di halaman sebuah kuil, dan kali ini Jet hampir membutakan mata kanan Donnie.

“Saya ingat dia diikat dengan pedang. Meskipun ini adalah pedang penyangga, mereka masih cukup tajam. Seluruh pengambilan gambar ini dilakukan sekali shoot, sekitar 50 gerakan atau semacamnya. Di akhir pengambilan gambar, mungkin gerakan ke-48, ke-49, dia menyerang dengan pedangnya. Dia mulai menjerang, 'Boop!' Dan saya mundur, Jet berkata, 'Donnie, ada darah yang keluar dari wajahmu,'” kata Donnie.

“Dia memukul saya di satu sisi dan 10 tahun kemudian, dia memukul saya di sisi lain. Enam jahitan lagi, dua kali, kedua sisinya dekat dengan bola mataku. Saya bisa saja buta."

Bintang Ip Man ini melanjutkan: “Saya mulai tertawa dan saya berkata, 'Oh, ini akan menjadi luar biasa. Film ini akan menghasilkan banyak uang. Terakhir kali kami melakukan ini, filmnya sukses di box office.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait