Terkait dengan Partai Komunis, Penampilan Donnie Yen di Oscar 2023 Tuai Kontroversi

Binsar Hutapea | 14 Maret 2023 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Penampilan Donnie Yen di acara Oscar baru-baru ini menuai kontroversi di media sosial.

Meskipun aktor berusia 59 tahun ini telah membintangi film-film Hollywood terkenal seperti Rogue One : A Star Wars Story, Mulan, dan John Wick: Chapter 4, banyak netizen yang tidak menyukainya.

Di dunia maya, sebuah petisi online yang digagas aktivis Hong Kong Henry Tong telah mengumpulkan lebih dari 100.000 tanda tangan dalam waktu sekitar seminggu untuk menuntut agar Donnie Yen diganti sebagai penampil di Oscar 2023. Banyak yang berpartisipasi dalam petisi tersebut karena merasa bahwa aktor tersebut terlalu dekat dengan Partai Komunis Tiongkok. Pada bulan Januari, Donnie diketahui bergabung dengan Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkom (CPPCC) sebagai salah satu anggota baru komite penasehat politik Tiongkok.
Donnie Yen sendiri dalam wawancara dengan majalah Inggris GQ pada bulan Februari lalu menyebut demonstrasi pro-demokrasi di Hong Kong sebagai "kerusuhan", pernyataan yang membuat banyak orang merasa tersinggung. Donnie juga sempat menyatakan ketidakpuasannya terhadap media Barat seperti BBC dan CNN karena selalu menerbitkan cerita negatif tentang Tiongkok.

Donnie Yen dan Cissy Wang. (Instagram) 

Meskipun petisi yang menuntut penggantian Donnie telah berhasil mengumpulkan banyak tanda tangan, ada juga petisi terpisah yang menunjukkan dukungan bagi penampilan aktor tersebut di Oscar dan telah mengumpulkan 13.000 tanda tangan dalam waktu sekitar tiga hari.

Di ajang Oscar sendiri, Donnie Yen tampil memperkenalkan nominasi Lagu Asli Terbaik "This Is A Life" dari Everything Everywhere All at Once serta penampilan lagu oleh Stephanie Hsu, David Byrne, dan Son Lux. Donnie dan istrinya, model Hong Kong dan mantan ratu kecantikan Cissy Wang, juga berjalan di karpet merah pada acara tersebut.

Film yang dibintangi oleh aktris Malaysia Michelle Yeoh, yang berusia 60 tahun, menjadi pemenang terbesar di malam Oscar tersebut. Film tersebut meraih tujuh penghargaan utama, termasuk Film Terbaik, Aktris Terbaik untuk Michelle, Aktor Pendukung Terbaik untuk Ke Huy Quan, dan Aktris Pendukung Terbaik untuk Jamie Lee Curtis.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait