Putri Sultan Brunei, Putri Azemah Menikah dalam Upacara Mewah

Redaksi | 26 Januari 2023 | 08:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Putri Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei, Putri Azemah Ni'matul Bolkiah menikah dengan Pangeran Bahar ibni Jefri Bolkiah dalam pernikahan mewah dengan upacara selama tiga hari. Upacara pernikahan Putri Azemah, 38 tahun, dimulai pada 8 Januari lalu. Mempelai pria, Pangeran Bahar adalah putra dari saudara laki-laki sultan, Pangeran Jefri Bolkiah. 

Acara dimulai di Banquet Hall Istana Nurul Iman, kediaman resmi Sultan. Tujuh upacara diadakan pada hari-hari berikutnya, menurut Borneo Bulletin, seperti dikutip dari People.com. Tradisi tersebut meliputi pertukaran hadiah, penyerahan lambang kerajaan, upacara pernikahan tiga hari, resepsi dan upacara penutupan.

Adik laki-laki Putri Azemah, Pangeran Mateen, membagikan foto pernikahan itu di akun Instagramnya. Pangeran Mateen memposting foto dari upacara pada 11 Januari dan upacara pernikahan terakhir pada 15 Januari. "Sangat bahagia untuk kakak perempuanku tersayang dan BJB," tulis Pangeran Mateen dalam postingan yang memperlihatkan foto pengantin wanita dalam gaun berkilauan dan pengantin pria dalam seragam militer putih.

Tanggal pernikahan Putri Azemah diumumkan pada bulan November tahun lalu, menurut media lokal. "Merupakan suatu kehormatan diundang ke pesta pernikahan untuk menyaksikan pernikahan kerajaan secara langsung untuk pertama kalinya," kata Ambra Dickie, Komisaris Tinggi Kanada untuk Brunei, mengatakan kepada Borneo Bulletin. "Kanada juga merupakan monarki. Jadi tidak asing bagi kami untuk memiliki sejumlah upacara. Tapi acara pernikahan ini menunjukkan kepada saya serangkaian tradisi baru dan simbolisme." 

Sementara Boosara Kanchanalai, Duta Besar Thailand untuk Brunei yang ikut hadir sebagai tamu undangan, mengatakan bahwa acara tersebut mengajarinya lebih banyak tentang budaya dan adat istiadat setempat. "Upacara berlangsung khusyuk namun menghangatkan hati, menampilkan agama sebagai prinsip panduan, kekayaan tradisi, budaya dan adat Melayu, dan saya dapat memahami perasaan bangga dan gembira di antara warga Brunei," kata Kanchanalai.

Menurut Daily Mail, Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei memiliki 12 anak, dan Putri Azemah adalah putri kelimanya. Saat Ratu Elizabeth II meninggal tahun lalu, Sultan Hassanal Bolkiah dan putranya, Pangeran Mateen ikut menghadiri pemakaman kenegaraan. Sultan juga dikabarkan bertemu dengan Raja Charles III pada bulan Desember lalu.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait