Bencana Angin Puting Beliung, Ini Perlindungan Diri Sederhana yang Bisa Dilakukan

Alam Mary | 22 Februari 2024 | 12:30 WIB
TABLOIDBINTANG.COM - Bencana alam angin puting beliung bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Terutama saat musim hujan di mana langit sering nampak mendung mencekam. Seperti yang baru-baru ini terjadi di wilayah Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Puluhan warga luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit setelah terkena bencana tersebut.
Agar terhindar atau paling tidak meminimalkan risiko terluka akibat angin puting beliung, ada beberapa langkah yang harus dengan sigap dilakukan oleh siapapun yang secara kebetulan berhadapan langsung dengan pusaran angin puting beliung. Mengingat karakteristik angin puting beliung yang biasanya hanya berlangsung sebentar, beberapa langkah paling utama ini bisa dilakukan agar Anda tidak ikut jatuh sebagai korban.
1. Benda-benda yang roboh atau yang ikut terbang bersama angin puting beliung lebih sering menjadi penyebab jatuhnya korban ketimbang angin itu sendiri. Maka ketika terjadi angin puting beliung dan Anda sedang berada dalam rumah, segera masuk ke dalam ruangan tembok tanpa jendela kaca atau terali dan berada di lantai terendah rumah. Jika Anda memiliki lantai basement, maka ini pilihan yang lebih aman untuk berlindung. 
2. Jika Anda sedang dalam posisi di luar rumah dan terpaksa berteduh saat terjadi puting beliung, jauhi dinding kaca atau plat logam. Masuk sedalam mungkin jika Anda kebetulan berada di mal atau minimarket. Berlindunglah di bagian yang paling kokoh pada bangunan.  
3. Untuk perlindungan tambahan, Anda dapat bersembunyi di kolong-kolong meja atau bagian rumah yang dirasa kokoh dan kecil kemungkinan roboh atau terbang. Kenakan sesuatu yang dapat melindungi kepala, seperti helm atau apapun yang sekiranya memiliki fungsi mirip.
4. Jangan bersembunyi atau bertahan di dalam mobil. Segera keluar cari perlindungan yang lebih aman saat puting beliung sekiranya masih jauh dari menjangkau area Anda berada.
5. Jika Anda berada di mobil dan pusaran angin sudah terlalu dekat, jalankan mobil secepatnya menuju gedung terdekat yang sekiranya dapat memberi perlindungan. 
6. Tidak ada yang tahu kekuatan puting beliung. Jadi tetaplah bertahan di dalam persembunyian hingga benar-benar reda. Jangan pernah menantang diri untuk mendekati pusat angin, apalagi hanya demi membuat rekaman yang bagus untuk dibagi ke media sosial. Nyawa Anda lebih berharga.
Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait