Julia Perez mengawali kariernya lewat latihan sebagai sekretaris di sebuah perusahaan swasta dan berkesempatan melanjutkan pendidikan di Belanda.

Dia lalu berkenalan dengan seorang model pria Perancis, Damien Perez (Yusuf Perez). Perkenalannya dengan Damien membuka kesempatan dirinya tampil sebagai model majalah FHM dan Maxim di Perancis. Dengan penampilannya dalam FHM dan Maxim, Jupe mendapat nominasi 100 perempuan terseksi versi majalah FHM dan Maxim.

Jupe adalah seorang perempuan berketurunan Sunda-Betawi. Dia menikah dengan Damien Perez di Perancis tanggal 7 Oktober 2002. Meski telah menikah lama dengan Damien Perez, keduanya belum dikaruniai anak. Jupe pernah keguguran pada tahun 2007.Pada beberapa kesempatan, Jupe menyatakan dirinya menunda "momongan" karena ingin konsentrasi pada kariernya.

Pernikahannya dengan Damien mulai mendapat cobaan. Di awal tahun 2009, Jupe terlihat dekat dengan seorang pemain sepak bola asal Argentina yang bermain untuk klub Persiba, Gaston Castaño. Bahkan Jupe telah berani  liburan bersama Gaston di awal bulan Maret 2009. Mereka tampak mesra dan intim ketika berlibur di pantai.

Pada tahun 2002-2003, Jupe mulai dikenal di Indonesia lewat sinetron Cinta Lokasi, Komedi Nakal, Penjaga Pantai, Lepas Malam, Maafkan Aku, Rahasia Ilahi, Hidayah, Doa, Mimpi Manis, dan Perempuan Teraniaya.

Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) mengangkat Julia menjadi ikonnya. Hal ini ditandai dengan diluncurkannya turnamen "Julia Perez Rapid Chess Open Tournament" di gedung Piramyd BPG, Senayan, Jakarta, Indonesia pada tanggal 5 Oktober 2006.

Jupe juga telah bermain dalam beberapa film layar lebar, antara lain Susahnya Jadi Perawan, Beranak Dalam Kubur dan The Shaman. Pada film Beranak dalam Kubur, dia berperan sebagai setan.

Pada Agustus 2007, Julia Perez menjadi pembawa acara sepak bola pada pertandingan sepak bola antara Persija dan PSS Sleman di Stadion Lebak Bulus. Dia mengaku menjadi presenter untuk mengobati rasa kangennya dengan suaminya. Menurutnya, banyak pemain sepak bola Indonesia yang ganteng sehingga dapat mengobati rasa kangennya.

Julia Perez mulai terjun ke dunia musik dangdut pada April 2008 dan merilis album perdana yang berjudul Kamasutra yang berbonus kondom. Sebelum merilis album, ia telah menekuni dunia dangdut. Bahkan Julia membekali diri dengan les vokal dan mempunyai goyang andalan yang diberi nama "goyang blender". Dia juga berhasil menjadi juara pertama kompetisi musik "Selebriti Mendadak Dangdut" yang diadakan di ANTV.

Tahun 2010 diwarnai dengan munculnya kontroversi mengenai pencalonan Julia Perez sebagai calon wakil bupati Pacitan. Namun, pada Agustus 2010, Jupe mengaku bahwa dia telah mengundurkan diri.

Menjelang akhir tahun 2010, tepatnya tanggal 14 Desember 2010, Jupe ditetapkan sebagai tersangka kasus penganiayaan terhadap pedangdut Dewi Perssik.

Setelah perceraiannya dengan Damien Perez, Jupe sempat kena gugatan penggunaan nama keluarga oleh pihak Damien Perez yang merasa bahwa nama keluarga 'Perez' yang dipakai Jupe adalah suatu kunci yang membuat Jupe makin terkenal, maka oleh sebab itu Damien Perez pun melemparkan gugatan tersebut terhadap Jupe, dan Jupe diharuskan membayar sejumlah uang dalam nominal yang cukup besar. Setelah Jupe menyelesaikan kasus tersebut, dengan Jupe sebagai pemenangnya, dia pun kembali melanjutkan karir nya seperti biasa dan juga masih tetap mencetak prestasi baru, walau pun dia kehidupannya memang penuh kontroversi.