"Sang Kiai" Jadi Wakil Indonesia di Ajang Oscar

Ari Kurniawan | 20 Desember 2013 | 17:51 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - DARI segi penjualan tiket di bioskop, Sang Kiai memang tak terlalu berkilau, hanya mencapai 300 ribuan penonton.

Namun kebanggaan lain diraih film produksi Rapi Film itu setelah sukses memborong empat Piala Citra di ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2013.

Selain dinobatkan sebagai Film Terbaik,?Sang Kiai juga menyabet piala untuk kategori "Sutradara Terbaik", "Pemeran Pendukung Pria Terbaik", dan "Penata Suara Terbaik".

Tak sampai di situ, film yang dibintangi oleh Ikra Negara itu juga terpilih untuk jadi wakil Indonesia di ajang Piala Oscar.

"Dari 76 negara hanya boleh kirim satu film. Sang Kiai yang terpilih dari Indonesia, Alhamdulillah," beritahu aktor Agus Kuncoro, yang juga bermain dalam film ini, di sela acara syukuran film Sang Kiai di Kantor PT. Rapi Film, Jakarta, Jumat (20/12).

Kabar ini sangat membanggakan bagi Agus. Agus tidak mau berekspektasi berlebihan, karena sampai di titik ini saja sudah di luar dugaannya.

"Menyenangkan ya. Kalau untuk menangnya nanti aja, masuk nominasi aja udah wow. Kami kan enggak tahu akan begini. Kami cuma mau membuat film yang baik, dikerjakan juga dengan baik," ucapnya.

Mewakili negara bukan berarti otomatis masuk nominasi Oscar tahun depan?Sebab, negara lain juga mengirim film-film terbaik dari negara masing-masing. Oscar atau Academy Awards kemudian hanya akan memilih lima atau enam film untuk masuk nominasi Film Berbahasa Asing Terbaik.

(ari/ade)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait