Kisruh Film "Soekarno", Agus Kuncoro: Pemilihan Pemain Sepenuhnya Wewenang Sutradara

Ari Kurniawan | 23 Desember 2013 | 08:49 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - SEBELUM akhirnya Ario Bayu yang terpilih untuk memerankan karakter Bung Karno dalam film "Soekarno, Agus Kuncoro bersama Darius Sinathrya sempat mengikuti proses casting.

Secara profesional, Agus tak merasa kecewa meski tak terpilih. Toh, dirinya masih bisa bermain dalam film produksi Multivision Plus (MVP) Pictures itu dengan karakter yang lain.

Tapi Agus menyayangkan timbulnya polemik yang ada saat ini. Khususnya terkait pemilihan karakter Soekarno oleh sutradara Hanung Bramantyo yang tidak disepakati oleh Rachmawati Soekarnoputri.

Menurut Agus, pemilihan pemain dalam sebuah film merupakan wewenang penuh sutradara. Sebab, sutradara lah yang paling bertanggungjawab akan isi dari sebuah film.

"Sutradara yang mengarahkan aktor, dia yang tahu mau dibawa kemana filmnya. Aktor jadi ujung tombak si sutradara. Lewat aktor misinya akan tersampaikan," papar Agus, ditemui di sela syukuran film "Sang Kyai" di kantor PT. Rapi Film, Jakarta, Jumat (20/12).

Agus sendiri tak pernah takut dengan masalah seperti yang sedang dialami Ario. Sebab sebagai aktor dia harus bisa berperan sebagai siapa saja.

"Kalau saya selalu berpikir dari awal, saya akan mikir film ini akan jadi apa, akan membawa pesan apa, sutradara yang mengarahkan," ungkapnya.

(ari/gur)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait