Kaos Silic Unik, Anti Noda dan Keringat

Khairiyah Sartika | 30 Desember 2013 | 08:04 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Walau ketumpahan minuman, kecap, sambal, air maupun kopi, kaos ini tetap bertahan bersih tanpa noda. Namun, apa rahasianya?

Kaos yang diberi nama Silic Shirt ini pertama kali diciptakan oleh Aamir Patel, seorang siswa asal San Fransisco.

Kaos ini dibuat oleh bahan khusus dengan jutaan kandungan silica yang melekat pada serat dengan ukuran pada tingkatan mikroskopik sehingga membuatnya berperan sebagai bahan anti-noda.

Walau menggunakan bahan yang tak biasa digunakan untuk pakaian sehari-hari, kaos ini tetap terasa nyaman dan aman dikenakan, layaknya kaos berbahan spandex atau katun lainnya, demikian dilansir Oddity Central, Senin (23/12).

Patel telah bekerja keras mengembangkan kaos ini selama setahun setengah belakangan. Pada awalnya, ia menyemprotkan zat anti noda pada sebuah kaos, namun menyadari bahwa upaya tersebut hanya bertahan setelah satu kali cuci.

Lalu ia memutar otak untuk menggabungkan teknologi yang sama terhadap bahan yang sesuai. Akhirnya ia menciptakan bahan anti noda pada tingkatan molekular. Tak hanya tahan lama, inovasi ini tidak menimbulkan dampak kesehatan berbahaya.

Silic shirt ini berpotensi digunakan hingga 80 kali cuci. Disarankan pula agar tak menggunakan pelembut pakaian, pemutih atau mencampurkannya dengan baju berwarna lainnya. Selain itu, kaos ini juga tak perlu disetrika atau di dry-clean.

Patel mengaku mendapatkan ide ini setelah mendengar adanya semprotan hydrophobic, sebuah zat anti-air. "Untuk membuatnya lebih aman dan tahan lama, saya menggunakan teknologi tersebut ke dalam polyester dari kaos saat sedang dibuat pada tingkatan nanoscale, tingkat molekular," jelasnya.

Masih berusaha mempromosikan kaos uniknya ini di situs Kickstarter, Patel berencana menjual Silic Shirt ini seharga AS$50 atau sekitar Rp 600 ribu. Berminat?

(tika/gur)

Penulis : Khairiyah Sartika
Editor: Khairiyah Sartika
Berita Terkait