Teknik Yoga Seperti Ini Mampu Ringankan Nyeri Saat Haid

Khairiyah Sartika | 30 Desember 2013 | 08:03 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Nyeri pada bagian perut menjadi hal yang sangat menganggu kenyamanan seorang wanita dikala menghadapi siklus bulanan.

Namun, berdasarkan sebuah studi yang dikemukakan oleh Journal of Alternative and Complementary Medicine, ada teknik yoga yang dapat meredakan nyeri saat haid.

Didasari studi yang melibatkan 150 wanita yang menghadapi rasa nyeri ketika haid, mereka masing-masing diminta mempraktekkan Yoga Nidra.

Ini merupakan yoga yang didasari teknik relaksasi dan dilakukan didasari pengawasan meditasi. Setelah enam bulan, mereka yang menghadapi rasa nyeri, tak lagi merasakan kesakitan saat haid dan pendarahan berlebihan, demikian dilaporkan Total Beauty, Selasa (24/12).

Para peneliti mengemukakan bahwa yoga ini tak hanya membantu diri merasa lebih positif namun sekaligus turut membantu memperlambat dan menetralkan pola bernafas.

Ini membiarkan otak memproduksi gelombang delta yang tak jauh berbeda seperti saat tertidur lelap dan pada akhirnya, dapat mengurangi jumlah hormon penyebab rasa sakit.

(tika/gur)

Penulis : Khairiyah Sartika
Editor: Khairiyah Sartika
Berita Terkait