Ini Adegan Paling Membanggakan Hanung di film "Soekarno: Indonesia Merdeka"

Administrator | 10 Desember 2013 | 17:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - HANUNG Bramantyo menganggap film Soekarno: Indonesia Merdeka sebagai titik tertinggi dari perjalanan karirnya sebagai sutradara.

Adegan demi adegan digarapnya dengan penuh kebanggan, karena mengandung nilai sejarah yang sangat tinggi.

Dari 2 jam 17 menit durasi film, ada satu adegan yang menurut Hanung paling berkesan. Yakni saat detik-detik pembacaan teks Proklamasi oleh Bung Karno.

"Kita tahu peristiwa serangan umum 1 Maret, bagaimana Malioboro dibombardir, kita juga tahu peristiwa di Lubang Buaya, bagaimana tujuh jenderal itu di-bully. Tapi kita belum pernah melihat bagaimana prosesi proklamasi secara visual," kata Hanung, di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (9/12) malam.

Dari berbagai litertur sejarah yang diperoleh oleh timnya, suami artis Zaskia Adya Mecca itu berusaha membuat visualisasi sedekat mungkin dengan peristiwa sebenarnya.

"Di sinilah, kita akan meihat pertama kali bagaimana prosesi proklamasi itu diselenggarakan. Apakah itu detail atau tidak, saya yakin tidak detail karena memang datanya tidak sedetail yang saya harapkan," paparnya.

Film Soekarno: Indonesia Merdeka tidak hanya menceritakan sejarah Indonesia jelang kemerdekaan. Tapi juga pesona seorang Soekarno dalam memikat hati wanita.

(ari/gur)

Penulis : Administrator
Editor: Administrator
Berita Terkait