Sedap Bintang: Roti Goreng Lembut dan Lezat untuk Camilan Buka Puasa

Wahyu Widodo Rabu, 23 Mei 2018 13:14:02

TABLOIDBINTANG.COM - Roti merupakan camilan yang terbuat dari tepung terigu yang mengalami proses fermentasi. Pada dasarnya, cara membuat roti goreng sama dengan roti biasa. Perbedaannya terletak pada sentuhan akhirnya, yakni digoreng.

Rahasia sukses membuat roti goreng terletak pada kualitas tepung terigu, ragi, dan teknik mengaduk adonan yang tidak terlalu lama agar menghasilkan roti yang lembut dan lezat. Roti goreng makin lezat dengan aneka isi roti goreng.

Berikut adalah salah satu resep camilan roti goreng. 

ROTI GORENG HITAM PUTIH

Bahan roti:
500 gr tepung terigu
1 sachet ragi instan
2 gr bread improver
100 gr gula pasir
3 butir kuning telur
250 ml air es
100 gr margarin
Minyak goreng secukupnya
Isi: 
100 gr coklat meises
Topping:
150 gr white chocolate, lelehkan
5 buah keping oreo, iris kasar

Cara membuat:
1. Roti: campur semua bahan kering, masukkan ke dalam mixer, aduk dengan kecepatan rendah. Tambahkan kuning telur dan tuang air es sedikit demi sedikit dengan kecepatan sedang, tambahkan margarin, dan aduk hingga adonan kalis. 

2. Keluarkan dari mixer, bulatkan lalu istirahatkan selama 10 menit. Potong timbang adonan seberat 30 gr, bulatkan. Pipihkan adonan, isi dengan coklat meises, bulatkan kembali dan diamkan selama 10 menit hingga ringan. Goreng adonan dalam minyak yang banyak dan panas dengan api sedang, tiriskan.

3. Celupkan roti goreng kedalam lelehan cokelat putih, taburi bagian permukaan dengan remahan Oreo, biarkan hingga cokelat mengeras, sajikan.
 

Penulis Wahyu Widodo
Editor Idham Harumsyah
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.