Kopi dan Croissant Unik di Social Affair

Ika Nurhayati | 3 Agustus 2018 | 23:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Beberapa kafe yang basis awalnya di kawasan Jakarta Utara pelan-pelan mulai bergeser atau membuka cabang di Jakarta Selatan, wilayah yang bisa dibilang pusatnya perkafean. Bahkan beberapa di antaranya sama-sama mengambil tempat di Cilandak Town Square. Social Affair salah satunya.

Sebagaimana kafe pertamanya di kawasan Pantai Indah Kapuk, Social Affair Citos ini bercat dominan kuning dan abu-abu. Ada area smoking dan non-smoking, yang terpisah pintu kaca. Terkenal dengan kelezatan dan keunikan koleksi croissant, yang menarik perhatian kami saat berkunjung ke sini pastinya deretan croissant di bagian muka kafe.

Bagaimana tidak unik. Croissant ala Social Affair bukan sekadar terhidang dengan rasa keju dan cokelat. Untuk yang gurih antara lain ada rasa salted egg yolk dan triple cheese lava, untuk yang manis, lebih unik lagi. Bersiaplah menikmati croissant dengan aneka rasa eksotis: cendol, martabak, thai milk tea, dan dua rasa baru yang diunggulkan Social Affair Citos, kaya toast dan mocha nougat! Cuma saran, kalau ingin menikmati rasa-rasa yang unik itu, jangan sampai kesiangan bahkan kesorean karena tidak jarang sudah habis.

Untuk kopi dan minuman lainnya, tidak kalah unik. Ada dua minuman yang gambarnya langsung menarik atensi begitu kita membolak-balik buku menu: kopi kampoeng granita dan french rose earl grey chocolate. Khusus kopinya, masih ada sederet minuman yang menggiurkan seperti iced matcha espresso latte, avocado affogato dengan pugasan es krim cokelat dan vanila homemade, plus magic yang sedang naik pamor.

Jadilah kami memesan kopi kampoeng granita, french rose earl grey chocolate, iced latte, lalu salad yang judulnya buddha bowl, serta croissant rasa kaya toast, mocha nougat, dan martabak. Kopi kampoeng granita ini adalah es kopi susu yang terhidang dengan tekstur mirip es serut. Porsinya besar dan yang menarik, rasanya tetap seenak es kopi susu umumnya. Yang suka kopi susu dengan cita rasa lebih mantap, iced latte pilihan yang pas.

French rose earl grey chocolate hadir dengan cangkir kuning dan sesuai dengan namanya, permukaannya bertabur beberapa helai bunga mawar. Rasa cokelatnya padat, harum bukan karena pengaruh helai bunga mawar saja tapi juga berkat campuran rasa earl grey pada minuman cokelat ini.

Untuk croissant, kami paling suka rasa kaya toast. Ini modifikasi kaya toast khas Singapura, dengan selai kaya melumuri sekujur croissant yang luarnya renyah dan dalamnya lembut serta berisi potongan-potongan mentega. Rasa manis dan gurih bergantian menggelitik indra perasa kami. Sementara rasa mocha nougat diciptakan untuk mengakomodasi tren roti nougat, dengan kacang nougat yang melimpah di bagian luar croissantCroissant rasa martabak spontan mengingatkan pada cita rasa martabak manis.

Social Affair menawarkan banyak hidangan lain, mayoritas makanan khas Barat tapi ada makanan lokal seperti sup buntut dan kwetiau gila. Penggemar makanan sehat juga dimanjakan beberapa jenis salad, seperti salad vegan buddha bowl yang kami cicipi, serta toast yang diiringi banyak sayur dan jus cold-pressed.

Social Affair

Cilandak Town Square Lantai Ground, Jl. T.B. Simatupang, Jakarta Selatan

Minggu-Kamis 07.00-24.00 WIB, Jumat-Sabtu 07.00-02.00 WIB

(ika/bin)

Penulis : Ika Nurhayati
Editor: Ika Nurhayati
Berita Terkait