Begini Cara Menyajikan Teh Agar Terasa Nikmat

Romauli Gultom Rabu, 28 November 2018 11:52:43
Menambahkan teh ke dalam minuman bisa menambah nilai dari minuman tersebut.

TABLOIDBINTANG.COM - Teh selain dinikmati sebagai minuman teh hangat, bisa juga dikreasikan menjadi minuman modern. 

Menambahkan teh ke dalam minuman bisa menambah nilai dari minuman tersebut karena teh dianggap sebagai minuman yang punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Pakar Teh sekaligus Humas dan Promosi AISTea, Ratna Somantri mengatakan saat ini Indonesia memiliku 50 ragam teh. Dan semuanya itu memiliki cerita menarik yang bisa diangkat.

"Sayangnya belum banyak orang Indonesia yang tahu mengenai jenis teh," kata Ratna Somantri di acara Tea Brewing Competition, Tea Mixologist di SIAL Interfood, Jiexpo Kemayoran, Jakarta, pekan lalu.

Untuk itu, Association of Indonesia Specialty Tea (AISTea) didukung Teh 2Tang menginisiasi sebuah lomba unik yang baru pertama kali diadakan di Indonesia, yaitu Tea Mixologist.

Tea mixologist diikuti oleh barista dan chef yang mulai mempelajari teh dan tertarik untuk menambahkan teh dalam kreasi minuman mereka. 

"Dengan kebaruan ini, demandnya terbuka lebar karena saat ini pertumbuhan kafe sangat tinggi dan mereka membutuhkan variasi minuman yang berbeda untuk meningkatkan daya saing. Minuman berbahan dasar teh adalah salah satu pilihan karena unik, enak, dan sehat," jelas Ratna.

Sementara itu, Eko Handoko, Direktur PT Duta Serpack Inti berharap melalui acara ini ingin menunjukan bahwa teh itu tidak sekadar teh yang diseduh dan diminum, tetapi dengan menambah kreativitas.

"Teh bisa dijadikan minuman yang sangat bervariasi dan bisa dinikmati di semua generasi. Syaratnya, tentu saja harus menggunakan teh yang berkualitas," pungkasnya.

Lalu seperti apa menyajikan teh dengan baik agar terasa nikmat, berikut tip dari Ratna Somantri :

1. Pilih teh berkualitas dan perhatikan cara menyimpan teh agar kualitasnya tetap terjaga.

2. Kualitas air dan suhu air penting. Tiap jenis teh memerlukan suhu air yang berbeda dalam penyeduhannya.

3. Waktu seduh. Nah, untuk hasil seduhan teh yang optimal, teh harus diseduh dengan waktu seduh yang tepat.

4. Rasio teh dan air. Terlalu banyak teh akan membuat hasil seduhannya terlalu pekat, terlalu sedikit tehnya akan membuat tehnya encer.

Penulis Romauli Gultom
Editor Tubagus Guritno
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.