Swedish Meatballs dan Es Kopi Stockholm di Stockholm Syndrome

Ika Nurhayati | 1 Maret 2019 | 19:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di dunia psikologi, ada fenomena yang namanya Stockholm syndrome, berawal dari sebuah insiden di Stockholm, Swedia, pada 1973. Eh, tapi Stockholm Syndrome yang satu ini tak ada hubungannya dengan fenomena itu. Yang dibahas di sini adalah sebuah kafe yang baru buka persis 1 Februari lalu di Bogor, masih di wilayah ramai kuliner seputar Jalan Raya Pajajaran.

Dinamai Stockholm Syndrome, karena kafe ini dikelola pasangan suami istri asal Swedia dan Bogor. Menjadikan kafe ini beda dengan kafe-kafe lainnya, karena hidangan yang ditawarkan kebanyakan khas Swedia. Ada yang sudah familier bagi beberapa orang, yakni swedish meatballs dan cinnamon roll.

Swedish meatballs atau yang dalam bahasa Swedia disebut köttbullar adalah hidangan yang wajib dipesan. Banyak orang mengenal hidangan ini terlebih dulu di sebuah peritel perabot yang merangkap restoran dari Swedia. Swedish meatballs ala Stockholm Syndrome ini autentik, karena bahan-bahan dasar meatballs selain daging sapi yakni aneka herba dan tepung roti terasa dalam gigitan. Untuk rasa segar dalam hidangan ini, jangan lupa tambahkan cranberry sauce.

Beberapa hidangan khas Swedia lain adalah herbed chicken dan swedish pancakes. Nah selain hidangan utama, ada juga kue dan cokelat khas Swedia. Selain cinnamon roll atau kanelbullar yang disebut duluan, ada chocolate ball atau chokladbollar dan swedish chocolate cake atau kladdkaka. Chocolate ball khas Swedia ini unik, karena adonannya bercampur dengan oatmeal dan kemudian digulingkan ke dalam kelapa kering. Rasa manisnya pas beradu dengan minuman kopi yang ditawarkan Stockholm Syndrome.

Tentunya menu kopi meliputi es kopi susu, yang di sini dinamai es kopi stockholm dan cita rasanya lembut. Kalau ingin minuman kopi yang lebih garang, ada kopi seduh manual juga long black dan beberapa minuman kopi lain dengan campuran susu. Kami icip piccolo dan flat white, sensasi kopinya nendang! Aneka minuman teh, cokelat, mocktail sampai smoothie juga tersedia.

Selain hidangan yang unik, yang membuat pengunjung mengalir ke Stockholm Syndrome ini adalah kafenya yang berkesan rindang dan hangat, dengan banyak tanaman melingkupi khususnya di teras belakang yang cukup luas. Diistilahkan dengan garden atau taman, teras ini memuat beberapa spot terbaik untuk berfoto. Jadi kalau ingin mampir dan puas berfoto di Stockholm Syndrome, sebaiknya jangan kesiangan agar tidak bersenggolan dengan pengunjung lain.

(ika/bin)

Penulis : Ika Nurhayati
Editor: Ika Nurhayati
Berita Terkait