Mengenal Jadah Tempe, Burger Jawa Legendaris Yang Eksis Sejak Tahun 1950

Wayan Diananto Selasa, 2 April 2019 08:30:31
Jadah Tempe Mbah Carik salah satu ikon kuliner kota Yogyakarta. (Foto: Wayan Diananto)

TABLOIDBINTANG.COM - Pucuk Coolinary Festival 2019 yang dihelat di Lapangan Mandala Krida Yogyakarta selama 2 hari (30 dan 31 Maret 2019) menyisakan banyak catatan menarik. Di ujung zona manis misalnya, ada kios tenda Jadah Tempe Mbah Carik. Melihat kios ini, kami teringat sebuah adegan di film Talak 3 yang dibintangi Laudya Cynthia Bella, Reza Rahadian, dan Vino G. Bastian. Di film itu, ada adegan penyerahan jadah tempe yang terbungkus besek (kotak yang terbuat dari anyaman bambu).

Jadah Tempe Mbah Carik salah satu ikon kuliner Yogyakarta. Ia disebut burger Jawa. "Ini burger Jawa. Susunannya terdiri dari jadah dan tempe bacem yang dimakan bersamaan. Jadah itu makanan tradisional dari ketan dengan rasa gurih. Sementara tempe dimasak dengan cara dibacem. Sensasi gula kecap pada tempe menciptakan rasa manis," terang Yunarti (45) generasi kedua yang meneruskan usaha Jadah Tempe Mbah Carik.

Jadah Tempe disebut sebagai burger Jawa. (Foto: Wayan Diananto)
Jadah Tempe disebut sebagai burger Jawa. (Foto: Wayan Diananto)

Yunarti menambahkan, Jadah Tempe Mbah Carik terkenal sejak tahun 1950-an. Nama Jadah Tempe Mbah Carik merupakan pemberian Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Sebagai salah satu legenda kuliner Yogyakarta, kios Jadah Tempe Mbah Carik dipadati pengunjung. Sayangnya, Yunarti enggan menyebut omzet harian yang terkumpul di ajang Pucuk Coolinary Festival 2019 maupun omzet bulanan tokonya yang berada di Jalan Munggur, Demangan.

"Alhamdulillah, hari pertama saya membawa 25 kg jadah, tempe, dan wajik. Sampai pukul 10 malam habis. Hari kedua, saya membawa 30 kg dan pengunjungnya sangat banyak. Saya senang jika masyarakat masih mengingat makanan tradisional," ujar Yuniarti seraya menambahkan, kuliner tradisional salah satu budaya yang diharapkan lestari dan dicintai masyarakat. Sebagai informasi, usai menyapa Kota Gudeg, Pucuk Coolinary Festival 2019 akan melawat Denpasar, Makassar, Palembang, dan Medan.
 

Penulis Wayan Diananto
Editor Wayan Diananto
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.