Wow, Ada Hewan Laut Aneh dan Unik di Jakarta Aquarium!

Infomercial | 20 Juni 2019 | 16:25 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Liburan sekolah anak pasti akan lebih menyenangkan jika diisi dengan aktivitas seru dan menarik seperti mengunjungi tempat rekreasi, salah satunya Jakarta Aquarium.

Apalagi pada Rabu (19/6) lalu, wahana rekreasi yang ada di Mall Neo Soho Jakarta Barat ini memperkenalkan koleksi terbarunya berupa tiga hewan laut yang aneh dan unik, yakni gurita pasifik raksasa, kutu laut raksasa, serta naga laut berdaun dan naga laut rumput.

Gurita pasifik raksasa merupakan makhluk luar biasa cerdas dan juga cantik yang hidup di perairan dangkal hingga kedalaman 100 meter atau lebih dengan suhu di bawah 10 derajat Celcius. Umumnya hewan ini bisa ditemukan di perairan Pasifik Korea dan Jepang, utara ke Alaska dan selatan ke California Selatan.

Hewan ini memiliki total delapan lengan yang ditutupi dengan cakram hisap. Gurita pasifik raksasa betina memiliki sekitar 2.240 cakram hisap, sedangkan pejantan memiliki sekitar 100 cakram hisap lebih sedikit dibanding betina. Cakram hisap tersebut membuat hewan ini memiliki cengkraman kuat yang dapat mendeteksi rasa dan bau, serta dapat memasuki ruang yang lebih kecil dari tutup botol. 

Pengunjung bisa melihat dengan jelas di akuarium bagaimana gurita pasifik raksasa ini bisa mengubah warna dan tekstur kulit mereka untuk berbaur dengan bebatuan dan ganggang yang ada di sekitarnya. Memiliki sembilan otak, hewan ini mampu memecahkan teka-teki rumit, membuka toples, hingga bermain dengan mainan. 

Koleksi terbaru lainnya adalah kutu laut raksasa yang merupakan kerabat dekat udang dan kepiting. Kutu laut raksasa biasanya hidup di kedalaman antara 160-2.300 meter dan dapat hidup hingga 5 tahun tanpa makanan. 

Kutu Laut Raksasa memiliki empat set rahang berbeda yang berfungsi untuk membantu mereka merobek dan memotong mangsa. Untuk mengetahui lingkungan sekitar, kutu laut menggunakan dua antena. Antena kecil digunakan untuk merasakan kandungan kimia, sedangkan antena besar untuk indra fisik.

Jangan lupa juga untuk berkenalan dengan naga laut. Jika dilihat sekilas, naga laut memiliki rupa seperti kuda laut. Meski begitu, dua hewan ini tidaklah sama. Naga Laut tidak memiliki kantung untuk membesarkan anak seperti kuda laut. 

Ada dua jenis naga laut yang jadi koleksi terbaru Jakarta Aquarium, yakni naga laut berdaun dan naga laut rumput. Naga laut berdaun memiliki sirip kecil seperti daun yang bisa menyamarkan mereka dari predator.

Sedangkan naga laut rumput biasanya ditemukan di batu karang, hamparan rumput laut, padang rumput laut, dan kebun rumput laut. Hewan ini dapat berbaur atau berkamuflase sangat baik dengan lingkungan sekitarnya. Kemampuannya ini sering kali membuatnya dikira sebagai jenis rumput liar yang mengambang di sekitar perairan.

Selain tiga hewan laut tersebut, Jakarta Aquarium juga memiliki berbagai hewan-hewan unik dan menarik lain, baik yang hidup di darat atau di air. Jakarta Aquarium terletak di Mall Neo Soho Jakarta Barat, lantai LGM-LG. Setiap harinya Jakarta Aquarium buka pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB.

Penulis : Infomercial
Editor: Infomercial
Berita Terkait