Tips Belanja Online yang Tepat, Jangan Mudah Tergiur Barang Murah!

Romauli Gultom | 8 Desember 2019 | 00:43 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Online shopping atau belanja online merupakan aktivitas yang saat ini sudah jamak dilakukan oleh masyarakat modern. Berbelanja online menjadi pilihan yang sangat tepat terutama bagi Anda yang memiliki pola kesibukan yang sangat tinggi sehingga seringkali tidak memiliki waktu yang cukup untuk pergi dan berbelanja ke minimarket.

Walaupun terasa sangat praktis, memang perlu diakui bahwa berbelanja produk online tidak bebas resiko. Ada saja pedagang nakal yang mencoba memancing kelengahan Anda dengan menjual produk palsu atau melakukan penipuan lainnya. Namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir terjadinya penipuan selama berbelanja online. Simak tips berikut ini, yuk.

1. Pilihlah Situs E-Commerce yang Terpercaya

Bagi Anda yang suka berbelanja di platform belanja online, saat ini ada banyak sekali platform online marketplace yang menaungi ribuan pedagang online dari seantero Indonesia. Pilihlah situs E-Commerce yang memiliki kredibilitas tinggi, salah satunya yang memungkinkan pembayaran ke rekening situs tersebut, yang baru akan diteruskan kepada penjual begitu Anda menerima produk pesanan dengan selamat. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari resiko penjual nakal yang membawa kabur uang Anda tanpa mengirimkan produk yang dipesan. Ini juga sangat berguna karena Anda dapat dengan mudah memperoleh garansi uang kembali jika produk yang sampai ternyata rusak atau cacat.

2. Pilih Seller yang Kredibel

Tidak hanya memilih platform toko online saja, Anda juga perlu memastikan bahwa pihak seller atau toko online dapat dipercaya. Umumnya situs E-Commerce memiliki sistem bintang yang dapat Anda jadikan sebagai acuan. Pilihlah penjual dengan jumlah rating bintang yang paling banyak.

3. Jangan Mudah Tergiur dengan Barang Murah

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan harga produk yang murah? Namun bila Anda menemukan harga produk dengan harga yang sangat murah dari harga seharusnya, Anda wajib merasa curiga. Karena besar kemungkinan jika produk tersebut adalah barang palsu. Ada baiknya Anda lebih teliti sebelum membeli dengan membandingkan harga-harga yang ada di deretan toko online tersebut dan mencari tahu dari harga pasaran dari produk tersebut. Jika selisihnya terlalu jauh, maka sebaiknya jangan Anda beli.

4. Jangan Buang Struk Pembayaran

Setelah Anda selesai melakukan pembayaran, baik melalui transfer bank atau metode pembayaran lain, simpan baik-baik struk pembayaran tersebut. Struk itu akan sangat berguna untuk pengajuan komplain seandainya barang Anda tidak kunjung sampai atau jika penjual tidak kunjung mengirimkan pesanan Anda. Bukti pembayaran tersebut akan menjadi bukti yang tak terbantahkan untuk mendapatkan kembali uang Anda.Selamat berbelanja online dengan aman dan nyaman!

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait