Biar Enggak Bingung, Begini Cara Membedakan Espresso, Latte, Cappuccino, dan Mocha

TEEN.CO.ID | 18 Oktober 2020 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kopi bukan lagi sekedar sebuah minuman penghangat atau pereda kantuk. Kopi kini menjelma menjadi sebuah gaya hidup dan eksistensi bagi para peminumnya.

Di dunia ini, banyak sekali ragam kopi yang sudah eksis hingga saat ini. Minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi yang kemudian dikeringkan dan dihaluskan menjadi bubuk ini, mempunyai penikmatnya sendiri di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Nah, beberapa ragam kopi yang secara umum ada di Indonesia diantaranya adalah Espresso, Latte, Cappuccino serta Mocha. Tak ayal, jenis minuman yang telah disebutkan diatas ini mempunyai banyak sekali penggemarnya di Indonesia. Tapi, apakah kamu tahu bedanya Espresso, Latte, Cappuccino serta Mocha? Jika kamu belum tahu perbedaan di antara keempatnya, mari kita ulas pada artikel dibawah ini.

Berikut adalah perbedaan dari Espresso, Latte, Cappuccino serta Mocha.

1. Espresso

Espresso merupakan kopi yang pekat dan berwarna hitam serta kental sekali dalam penyajiannya. Umumnya, espresso mempunyai rasa yang sangat kuat khas kopi hitam. Cara meminum espresso yang baik dan benar adalah dengan meminumnya tanpa mencampurinya dengan gula ataupun dengan susu. Biasanya, espresso disajikan dalam sebuah gelas yang kecil yang disebut dengan shot.

2. Latte

Latte, pertama kali dikenalkan dan begitu popular di wilayah Amerika Utara. Hingga kemudian saat hijrah ke Eropa, Latte cenderung dinikmati oleh anak-anak remaja atau para peminum kopi yang masih relative berumur muda.

Banyak orang yang masih bingung tentang perbedaan antara latte dan juga cappuccino. Secara umum, Latte merupakan espresso dengan kombinasi susu yang telah dihangatkan dengan cara dikukus menggunakan uap air. Cafe latte adalah campuran antara espresso dengan sejumlah susu cair dengan perbandingan 1 berbanding 2. Itu artinya, 1/3 bagian dalam gelas tersebut adalah kopi, sementara 2/3 nya adalah susu cair.  Walaupun ada juga yang mengatakan bahwa secara lebih spesifik, perbandingan dari sebuah latte adalah 2/6 espresso, 3/6 susu cair, serta 1/6 foam atau busa susu. Hal tersebut membuat latte mempunyai rasa kopi yang lebih ringan dari cappuccino.

Kalau kamu menambahkan cokelat cair kedalam minuman tadi, makan kamu akan memperoleh jenis mocha.

3. Cappuccino

Cappuccino merupakan sajian kopi yang sangat popular di Negara Italia. Minuman ini biasanya diminum pagi hari saat sedang bersantai di halaman rumah dan melihat pemandangan d isekitar rumah. Cappuccino terdiri dari espresso, susu cair dan juga busa susu diatasnya. Karena busa susu yang menutupi kopi tersebut menyerupai sebuah topi (cap) maka minuman tersebut dinamai dengan cappuccino.

Minuman cappuccino ini seringkali disamakan dengan latte, padahal mereka berdua adalah dua minuman yang berbeda. Biasanya, cappuccino merupakan minuman yang dibuat dengan perbandingan 1/3 espresso, 1/3 susu cair dan 1/3 busa susu. Harus tepat, tidak boleh lebih satu dari yang lain.

4. Mocha

Sedangkan mocha adalah minuman yang pada dasarnya merupakan gabungan antara kopi dan juga coklat. Namun, ada beberapa varian coklat yang biasanya dicampur dalam minuman mocha ini. Beberapa mocha menggunakan sirup coklat sementara di kedai yang lain menggunakan coklat bubuk. Coklatnya pun bervariasi, kamu dapat menggunakan coklat putih maupun dark chocolate untuk dicampurkan kedalam mocha. Akan menjadi lebih sempurna saat diatas minuman tersebut disemprot dengan whipped cream.

Nah, itu dia perbedaan antara espresso, latte, cappuccino dan juga mocca. Selamat mencoba semuanya, ya!

Penulis : TEEN.CO.ID
Editor: TEEN.CO.ID
Berita Terkait