Jelajah Wisata Kuliner Khas Joglosemar dan Suramadu bersama Dapur Solo

Redaksi | 25 Mei 2021 | 00:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebagai salah satu bagian dari identitas budaya, sajian kuliner di tiap daerah juga memiliki cita rasa yang khas dan unik. Seperti halnya kota-kota besar di pulau Jawa, seperti Jogja, Solo, Semarang (Joglosemar), serta Surabaya dan Madura (Suramadu) yang juga terkenal dengan deretan sajian penganan ikonik yang tidak boleh dilewatkan. Bagi masyarakat yang belum pernah mencicipi atau rindu dengan makanan khas daerah tersebut karena tidak bisa mudik saat Lebaran lalu, bisa berwisata kuliner khas Joglosemar dan Suramadu bersama Dapur Solo. Berbagai menu dengan cita rasa yang autentik tersedia di Dapur Solo, restoran khas Jawa yang sudah eksis sejak tahun 1988.

Donny H. Kusuma, Marketing Brand Manager Dapur Solo mengatakan, “Kami menghadirkan program Jelajah Wisata Kuliner Joglosemar dan Suramadu untuk lebih mendekatkan masyarakat Indonesia dengan ragam sajian khas daerah Surabaya, Madura, Jogja, Solo, dan Semarang yang terkenal dengan kulinernya yang unik dan “ngangenin” (dirindukan .red). Walau berada jauh dari daerah tersebut, masyarakat tetap bisa merasakan kenikmatan kulinernya dan menghadirkan suasana khas Jawa. Kami juga bekerja sama dengan ShopeePay untuk menghadirkan voucher cashback hingga 100% dalam ShopeePay Mantul Sale dari tanggal 25 - 27 Mei 2021 dan 6.6 ShopeePay Mid Year Deals pada 28 Mei - 9 Juni 2021.”

Perpaduan antara bumbu dan rempah khas Jawa membuat kuliner Joglosemar dan Suramadu memiliki keunikan cita rasa tersendiri. Berikut kuliner khas Jawa di Dapur Solo yang patut dicicipi:

Tahu Petis Semarang

Jajanan khas Semarang ini bukan hanya sekadar tahu goreng, tetapi tahu ini disajikan bersama petis sebagai sausnya. Petis inilah yang menjadi kunci kelezatan dan keunikan penganan ini dari sajian tahu lainnya. Petis adalah saus kental berwarna coklat-kehitaman yang umumnya dibuat dengan bahan dasar udang. Bumbu atau saus petis ini bisa dioleskan atau diselipkan di tengah-tengah tahu yang hangat. Biasanya rasa tahu dibuat sedikit hambar sehingga petis memberikan keseimbangan rasa manis, asin, dan gurih yang nikmat. Tahu petis bisa dimakan bersama dengan cabai rawit untuk mendapatkan rasa yang lebih pedas.

Selat Solo

Sebagai salah satu menu andalan Dapur Solo, Selat Solo merupakan perpaduan kuliner khas Belanda dan Jawa, terdiri dari bahan dasar daging sapi yang direbus bersama bahan dan rempah lainnya, seperti pala, bawang putih, kecap inggris, kecap manis, cuka dan merica. Kemudian, daging sapi akan disajikan bersama pelengkap lain, seperti wortel, buncis, kentang, selada, telur, acar dan keripik kentang. Tak heran hidangan ini pun menjadi favorit dan diburu oleh para pecinta kuliner sangat karena dalam satu hidangan ini terdapat nutrisi lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, dan juga serat.

Wedang Ronde Jogja

Camilan berbentuk minuman hangat khas Jogja yang satu ini berisi mochi ala Jawa yang kenyal, terbuat dari tepung ketan yang dibentuk menjadi bola dan diisi dengan tumbukan kacang halus, dan disajikan bersama air jahe yang panas. Beberapa komposisi lain seperti gula kelapa sebagai pemberi rasa manis dan kacang sangrai sebagai taburan, turut menambah kenikmatan sajian manis dan hangat ini. Wedang Ronde sangat cocok dikonsumsi di tengah udara dingin atau dikala hujan karena kandungan jahenya yang bisa menghangatkan badan.

Sate Sapi Madura

Hidangan ini merupakan salah satu makanan terfavorit bagi banyak masyarakat Indonesia. Sate Madura biasanya terbuat dari daging ayam, namun di Dapur Solo, para pecinta kuliner bisa menikmati hidangan sate ini dengan pilihan daging sapi yang empuk. Disajikan dengan bumbu kacang spesial khas Dapur Solo dengan rasa unik dan berbeda dari bumbu kacang sate kebanyakan.

Bakwan Surabaya

Bakwan Surabaya merupakan makanan berkuah dengan isian lengkap seperti bakso sapi, otak-otak ikan, tahu bakso, dan siomay udang. Yang membedakan Bakwan Surabaya di Dapur Solo adalah porsi isiannya yang besar serta campuran antara kuah kaldu dengan taburan bawang goreng dan daun bawang memberikan rasa yang semakin nikmat dan gurih. 

Di Dapur Solo sendiri, Kamu bisa menjelajahi kuliner khas Joglosemar dan Suramadu di 30 pilihan outlet Dapur Solo yang tersebar di Jabodetabek, atau juga dapat dipesan secara online melalui aplikasi pesan antar makanan. Jangan lupa gunakan ShopeePay untuk transaksi yang mudah dan aman serta nikmati beragam promo menariknya.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait