BMBIFest 2021 Ajak Masyarakat Belanja Produk Lokal

Redaksi Sabtu, 11 Desember 2021 23:59:13
Plt Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Reni Yanita pada pembukaan BMBIFest 2021 di Jakarta, (9/12)

TABLOIDBINTANG.COM - Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia (BMBIFest) kembali digelar untuk kedua kalinya oleh Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA). Bertujuan untuk mensosialisasikan produk lokal serta membuka akses masyarakat untuk lebih mudah belanja produk lokal, khususnya produk Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Setelah sebelumnya digelar pada tahun 2020, BMBIFest kembali dilaksanakan untuk memperkenalkan potensi mesin-mesin buatan dalam negeri berkualitas serta mempermudah akses masyarakat Indonesia menemukan pelaku IKM pembuat mesin lokal untuk mendukung usahanya.

“Perlahan tapi pasti, kita harus dapat membuat peralatan dan permesinan yang dibutuhkan oleh Industri dengan kualitas yang diharapkan. BMBI Fest juga lahir dengan semangat untuk mendukung kebijakan substitusi impor,” jelas Plt Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Reni Yanita pada pembukaan BMBIFest 2021 di Jakarta, (9/12)

Virtual hub ini menampung IKM permesinan dengan 7 kategori produk, yaitu mesin pengolahan makanan dan minuman, mesin industri lainnya, mesin atau alat kesehatan, elektronik  atau kelistrikan, alat atau mesin teknologi tinggi, alat atau mesin pertanian dan perikanan,  dan alat transportasi.

“Dengan hadirnya festival ini diharapkan IKM peralatan atau permesinan Indonesia memasuki tren bisnis digital yang berdampak pada perluasan pemasaran dan jaringan IKM melalui teknologi digital,” tambahnya.

Festival ini kembali dilaksanakan bekerja sama dengan Blibli.com yang juga mendorong agar IKM permesinan bergabung dalam virtual hub produk IKM permesinan di Blibli dengan nama official store “Galeri Mesin Lokal”.

“Melalui Galeri Mesin Lokal yang secara ekslusif hadir di platform Blibli, harapannya pengusaha IKM mampu memperluas pasar dan daya saing yang pada akhirnya akan memajukan industri nasional,” kata Lay Ridwan Gautama, Executive Vice President of Digital and Automotive Category Blibli.

BMBIfest21 akan diselenggarakan selama 3 hari, dimulai pada tanggal 9-11 desember 2021. Untuk melengkapi pameran yang diikuti oleh IKM permesinan, juga akan dilaksanakan talkshow, webinar, sosialisasi serta diskusi yang akan memperkaya informasi bagi IKM khususnya IKM permesinan terkait kemudahan pembiayaan maupun potensi perluasan pasar baik itu pasar retail online, business-to-business, maupun pasar melalui belanja pemerintah.

Pameran BMBIFest ini diikuti oleh 45 IKM dari kategori-kategori yang dibuka. Terbuka untuk umum dan dapat diakses secara gratis dengan terlebih dahulu mendaftar di situs www.bmbifestival.id.


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore