Kaya Antioksidan, Ini 5 Manfaat Bir untuk Kesehatan

Redaksi Senin, 17 Januari 2022 11:50:06
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Ternyata minum bir itu jika tidak dikonsumsi secara berlebihan bisa bermanfaat untuk kesehatan. Jadi, sangat disarankan agar meminumnya secukupnya saja. Karena, jika diminum berlebihan justru malah bisa berakibat fatal bagi kesehatan. 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC), pastikan bahwa jika Anda minum bir ini tidak lebih dari 12 ons beer atau yang setara dengan satu gelas ukuran normal.

Apa saja sih sebenarnya manfaat bir itu bagi kesehatan? Pertama, bir itu bermanfaat untuk kesehatan otak karena memiliki kemampuan untuk mengencerkan darah, sehingga mencegah terjadinya penggumpalan.

Kedua, bir juga bisa membantu mencegah terserang penyakit Alzheimer. Kandungan zat silikon dalam bir akan mencegah berbagai bentuk demensia dan gangguan kognitif, termasuk Alzheimer. Isi silikon dalam bir ini, diduga melindungi otak dari efek berbahaya dari tingginya zat aluminium dalam tubuh, yang merupakan salah satu kemungkinan penyebab Alzheimer terjadi.

Ketiga, bir itu kaya antioksidan. Bir yang mengandung antioksidan memiliki kandungan zat xanthohumol. Xanthohumol diketahui memiliki sifat anti-kanker yang membantu menangkis enzim penyebab kanker di dalam tubuh. 

Sehingga, orang yang minum bir secukupnya bisa membantu mencegah reaksi kimia tertentu yang dapat menyebabkan kanker prostat pada pria. Bir juga telah terbukti mengurangi kemungkinan terkena kanker payudara pada wanita.

Keempat, bir bahkan bisa membantu mengobati ketombe. Hal ini  karena bir memiliki kadar ragi yang tinggi dan kaya akan vitamin B. Dengan hanya membilas rambut Anda dengan bir sekitar dua sampai tiga kali seminggu, ini ampuh untuk menyingkirkan ketombe dan membuat rambut Anda lembut dan mengkilap.

Kelima, bir bisa meningkatkan kesehatan jantung. Itu karena bir ini mengandung fenol dan antioksidan yang bisa meningkatkan fungsi jantung.

Sebagai rekomensasi, Beer Bros merupakan salah satu toko online yang menyediakan bir dengan kualitas premium. Di antaranya adalah bir kriya atau craft beer.  Bir ini dibuat dari bahan yang 100% alami oleh para pengrajin bir, dan hanya diproduksi dengan skala kecil. Ini yang membuat lebih sehat dan lebih nikmat. 

Diantaranya ada jenis Kura Kura Island Ale, Kura Kura Lager, Deschutes, dan Little Creatures. Beer Bros juga menjamin akan mengirimkan semua secara aman dengan menggunakan bubble wrap yang berlapis-lapis. 

Untuk mengkonsumsi bir kriya ini, disarankan untuk menggunakan gelas jenis snifter glass karena cocok untuk mencium aroma bir yang ada di dalam gelas. Kemudian  diusahakan agar jangan langsung dituang ke dalam gelas, tapi dengan menyentuh dulu gelasnya. Selanjutnya, pastikan bir yang akan diminum itu berada pada suhu lima derajat. Karena, kalau terlalu hangat dan dingin akan menjadi tidak baik. 


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore