Para Pecinta Kopi, Wajib Ketahui Empat Cara Menikmati Kopi yang Baik bagi Kesehatan

tabloidbintang.com | 25 Mei 2022 | 19:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kopi kini semakin digemari masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Perkembangan minuman kopi yang semakin inovatif serta banyaknya kedai kopi yang hadir dengan konsep unik membuat masyarakat makin betah untuk menghabiskan waktunya ditemani dengan segelas kopi favorit. Selain menjadi bagian dari gaya hidup, minum kopi memang bisa menjadi mood boster serta membantu kamu untuk lebih bersemangat ketika menjalankan aktivitas. Namun, kamu tetap harus memerhatikan beberapa aspek dari rutinitas meminum kopi agar tidak membahayakan kesehatanmu. Dengan begitu, kamu tetap bisa menikmati kopi tanpa khawatir akan memberikan dampak yang berbahaya untuk kesehatan.

Abdul Azis, General Manager Anomali Coffee mengatakan, “Kini minum kopi sudah bukan menjadi kebutuhan, melainkan sebuah tren yang populer di kalangan generasi muda. Alasan kopi makin digemari tak lain tak bukan karena khasiatnya yang bisa membantu para pecinta kopi untuk tetap produktif di tengah padatnya pekerjaan. Melihat kecintaan masyarakat terhadap kopi, Anomali Coffee hadir memberikan berbagai pilihan kopi premium yang berkualitas. Kami juga terus berinovasi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk para pecinta kopi dengan menghadirkan metode pembayaran digital ShopeePay dan penawaran voucher cashback hingga 100% jika kamu bertransaksi langsung di gerai Anomali Coffee menggunakan ShopeePay selama kampanye ShopeePay Day dan Shopee Mantul Sale berlangsung.”

Hindari minum kopi setelah bangun tidur
Tidak sedikit orang yang masih mengonsumsi kopi tepat setelah bangun dari tidur. Hal ini mereka lakukan dengan tujuan agar tubuh cepat terjaga untuk beraktivitas. Namun nyatanya, meminum kopi setelah bangun tidur tidak disarankan karena bisa memengaruhi kesehatan. Minum kopi setelah bangun tidur dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh yang akan berakibat pada meningkatnya stres dan kecemasan. Alih-alih ingin semangat menjalani hari, kamu justru akan merasa gelisah ketika memulai hari. Sebaiknya, minum air putih yang cukup setelah bangun tidur, serta berikan jeda sekitar satu sampai dua jam jika ingin meminum kopi. Dengan begitu, peran kafein dalam tubuhmu akan bekerja optimal dan kamu dapat menjalankan aktivitas dengan tetap terjaga.

Pilih biji kopi yang berkualitas
Biji kopi yang berkualitas tentu akan menghasilkan cita rasa kopi yang nikmat. Jangan sembarang pilih, biji kopi dengan kualitas baik memiliki aroma yang khas serta warna dan fisik yang sempurna. Sekarang, akses untuk mendapatkan kopi yang berkualitas sangatlah mudah, salah satunya adalah Anomali Coffee yang menyediakan beragam biji kopi terbaik dari berbagai penjuru nusantara. Di Anomali Coffee, kamu bisa mencicipi kenikmatan segelas kopi lokal terbaik, seperti biji kopi Toraja Sapan, Bali Ulian, Sumatra Kerinci, Bali Kintamani, Aceh Gayo, Toraja Mialo, Sumatra Dolok Sanggul, luwak, hingga black pearl. Masing-masing biji kopi memiliki cita rasanya tersendiri yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Ketahui takaran kopi yang tepat
Minum kopi juga harus dengan takaran yang tepat. Asupan kafein yang berlebihan bisa mengurangi manfaatnya secara keseluruhan serta menimbulkan efek samping yang dapat merugikan tubuh. Untuk menghindari hal tersebut, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi kafein tidak lebih dari 1,1 mg per pon (2,5mg per kg) berat badan setiap harinya. Jika ingin yang mudah, kamu juga bisa membeli kopi favoritmu di Anomali Coffee secara online atau datang langsung ke gerai Anomali Coffee terdekat. Kopi yang ditawarkan pun beragam dan telah ditakar dengan takaran kopi yang tepat, meliputi cappucino, latte, black coffee, kopi susu gula aren, hingga manual brew dari biji kopi nusantara yang bisa kamu pilih sesuai selera untuk menemani kamu agar tetap terjaga selama beraktivitas. 

Kurangi penggunaan gula
Kopi merupakan minuman yang sehat jika tidak ditambahkan gula berlebih. Gula identik dengan penyakit serius seperti obesitas dan diabetes, sehingga mengurangi penggunaan gula sangat dianjurkan ketika meminum kopi. Sejatinya, karakter dan cita rasa dari masing-masing kopi juga akan terdominasi oleh rasa manis jika menggunakan gula yang berlebihan. Bagi kamu yang tidak terbiasa minum kopi tanpa gula, kamu tetap bisa menikmati rasa kopi yang otentik dengan mengurangi kadar gula pada kopimu secara bertahap. Namun, jika kamu tetap membutuhkan gula sebagai pemanis kopimu, alternatif lain adalah dengan mengganti gula menjadi pemanis alami stevia.

Nah, itu dia keempat cara menikmati kopi yang baik untuk kesehatan bagi kamu si pecinta kopi. Mulai sekarang, perbaiki kebiasaanmu dalam meminum kopi agar kecintaanmu terhadap kopi tidak memberikan efek samping yang tidak diinginkan. Minum kopi kini juga makin hemat karena Anomali Coffee bekerja sama dengan ShopeePay selama kampanye ShopeePay Day dan Shopee Mantul Sale yang berlangsung sampai tanggal 27 Mei mendatang dalam menghadirkan voucher cashback hingga 100% jika kamu bertransaksi langsung di gerai Anomali Coffee. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, nikmati kopimu dengan cara yang lebih sehat bersama Anomali Coffee!

Penulis : tabloidbintang.com
Editor: tabloidbintang.com
Berita Terkait