Mengenal Pacific Oyster Sumatra, Hidangan Laut Lokal dengan Cita Rasa Internasional

tabloidbintang.com | 26 Juli 2022 | 20:12 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Oyster atau tiram merupakan jenis kerang yang bisa dikonsumsi mentah tanpa harus dimasak. Jika dilihat dari bentuknya memang unik, bahkan bagi sebagian orang, tekstur dagingnya pun masih terasa asing. 

Namun saat ini, oyster menjadi salah satu pilihan hidangan laut yang semakin digemari bagi para pecinta seafood, walaupun dibandrol dengan harga yang cukup premium.

Oyster dengan kualitas tinggi kerap kali identik berasal dari beberapa area di pesisir Eropa dan Australia. Meskipun di Indonesia hidangan Oyster masih cukup langka namun sebagai negara maritim ternyata Indonesia juga menghasilkan Oyster yang mampu bersaing dengan kualitas Oyster impor.

Keanekaragaman sumber daya laut Indonesia bisa menghasilkan Oyster yang juga berkualitas untuk diolah dan layak untuk dinikmati, salah satunya adalah Pacific Oyster atau Crassostrea Gigas dalam bahasa latin, yang merupakan menu andalan Oyster Dealer. Oyster jenis ini dengan kualitas terbaik dapat ditemukan di perairan Sumatera, Lombok, Bali, dan Lampung.

“Pacific Oyster dari Sumatra menjadi menu andalan dari Oyster Dealer karena tekstur dagingnya yang agak tebal dan relatif manis. Untuk mendapatkan Oyster lokal yang berkualitas tentunya kami bekerja sama dengan para nelayan lokal," kata Andika Biantara, Chef dan Owner Oyster Dealer.

Pacific Oyster di Oyster Dealer kerap kali disandingkan dengan Classic & Signature Cocktails dan Mocktails. Namjim dan Ponzu sauce juga menjadikan hidangan oyster ini semakin kaya akan rasa gurih dan manis yang benar-benar meleleh bersama lembutnya daging Oyster.

Bahkan salah satu juri Masterchef Indonesia Chef Renatta Moeloek menyatakan bahwa Oyster lokal ini secara kualitas sudah baik dari segi inovasi rasa dan tentunya kesegarannya. Chef Renatta mengapresiasi Oyster Dealer yang bisa dengan baik mengolah Oyster lokal ini memiliki cita rasa yang unik yang khas.

Sudah lebih dari 2 tahun, kami mendukung dan melestarikan habitat Oyster lokal dengan para nelayan agar kualitasnya mampu bersaing dengan Oyster impor. Para nelayan tidak hanya sekadar memberikan hasil tangkapan Oysternya tapi kami juga sama-sama saling bertukar informasi, edukasi terkait berbagai hidangan laut. 

Di samping mendapatkan Oyster dengan kualitas yang baik dari para nelayan, kami juga memastikan penangkaran dan perawatan Oyster di Aquafarm miliknya tetap sesuai standar yang berlaku. Mulai dari suhu airnya, jenis dan kandungan partikel airnya hingga pakan bagi Oysternya. 

“Di Aquafarm Oyster Dealer yang berlokasi di Jakarta Selatan, kami benar-benar menjaga penangkaran sesuai dengan habitat aslinya dari oyster itu,” tuturnya.

Kualitas Oyster ini juga mendapat pengakuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, bahkan kerap diundang untuk menyajikan hidangan Oyster olahannya pada sebuah acara di Kementerian tersebut.

“Kami terus berusaha untuk menyajikan hidangan laut lokal khususnya Oyster dengan rasa yang khas dan aman dikonsumsi dan secara bersamaan juga berharap mendukung kesejahteraan nelayan lokal hingga saat ini dan ke depannya. Kami akan terus melakukan inovasi dan ekspansi untuk semakin memperkenalkan Oyster Lokal di mata Internasional,” tutup Andika Biantara.

Penulis : tabloidbintang.com
Editor: tabloidbintang.com
Berita Terkait