5 Kuliner Hits Tahun 2016

Andira Putri | 30 Desember 2016 | 13:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wisata kuliner memang tidak bisa dilepaskan dari penduduk Indonesia. Penduduk Indonesia dikenal senang mencoba berbagai jenis makanan baru. Mereka rela menempuh jarak jauh dan menunggu dalam waktu lama demi bisa mencoba makanan incarannya

Fenomena wisata kuliner di Indonesia semakin berkembang dengan kehadiran media sosial. Beberapa tahun belakangan ini, masyarakat, bahkan termasuk Anda, gemar mengunggah foto dan memberikan ulasan tentang sebuah makanan. Ketika sebuah makanan menarik mulai masuk media sosial, tidak butuh waktu lama bagi netizen untuk memburunya dan menjadikannya viral.

Kami mencoba menangkap trend wisata kuliner sepanjang tahun 2016 ini. Diantara sekian banyak makanan menarik, kami memilih lima yang paling menghebohkan netizen di tahun 2016. Apa saja makanan tersebut? Inilah daftarnya:

1. Tahu Bulat
Jika membicarakan tahun 2016, Anda pasti tidak bisa melupakan tahu bulat. Jajanan asal Sukabumi ini mencuri perhatian publik sejak awal tahun ini. Sesuai dengan namanya, tahu ini berbentuk bulat, memiliki rasa gurih, dan bumbu pedas. Harganya pun murah, yaitu hanya Rp. 500 saja. Tidak heran bila tahu bulat langsung laris manis sepanjang tahun 2016.

Tahu bulat juga menjadi populer berkat jingle yang ikonik. Jingle ini kerap diputar lewat pengeras suara saat penjual berkeliling menawarkan tahu bulat. Jika sudah ada jingle ini, banyak orang pasti sudah mulai bersiap membeli tahu bulat. Kepopuleran tahu bulat tidak berhenti sampai di situ. Tahu bulat ikut merambah dunia teknologi di mana muncul game smartphone Android bertema jajanan ini.

2. Ayam Saus Keju 'Ojju'
Bagaimana rasanya memakan ayam goreng dengan lumuran saus keju? Tanyakan saja kepada orang-orang yang sudah mencoba makan di restoran Ojju, Kota Kasablanka, Jakarta.

Restoran yang mengusung menu masakan Korea Selatan ini memiliki ayam saus keju sebagai menu andalan. Ayam goreng tepung dengan bumbu pedas manis dihidangkan bersama saus keju dalam wadah panas. Anda perlu menunggu sebentar untuk melihat saus keju mencair di sekeliling ayam. Kemudian muncul sensasi sebenarnya, ketika Anda melilitkan saus keju di daging ayam goreng.

Aksi memberikan saus keju di daging ayam goreng ini ramai diunggah di media sosial. Alhasil banyak orang jadi penasaran dan mengunjungi Ojju. Kepopuleran ayam ini sanggup membuat orang-orang rela mengantre berjam-jam!

3. Sate Taichan
Sate Taichan mengajak Anda menyantap makanan khas Indonesia dengan varian baru. Berbeda dengan sate ayam atau kambing pada umumnya, Sate Taichan hanya menawarkan daging tanpa kulit atau lemak. Warnanya pun putih, bukan kecokelatan atau hitam sepert sate lainnya.

Sate Taichan dibakar dengan kaldu cair dan garam. Hal ini membuat rasa Sate Taichan sudah gurih meski Anda belum mengoleskan saus. Tetapi jika belum puas, Anda bisa memakai bumbu pelengkap seperti sambal dan kecap yang dihidangkan bersama sate.

Rasa baru ini membuat Sate Taichan booming di tahun 2016. Berbagai macam gerai sate asal Taiwan dan Cina ini muncul di jalanan. Salah satu yang terbanyak adalah di Jalan Asia Afrika. Hampir setiap malam, ada belasan gerobak dan mobil Sate Taichan menjajakan jualannya disini.

4. Pablo Cheesetart

Cheesetart asal Jepang ini mulai dijual di Gandaria City, Jakarta sejak bulan November lalu. Meski baru sebulan buka, Pablo Cheesetart sudah berhasil menarik animo publik. Gerai Pablo Cheesetart selalu ramai dengan antrian orang. Mereka tidak keberatan antre berjam-jam demi mencoba cheesetart tersebut.

Lantas apa yang membuat Pablo Cheesetart istimewa? Sesuai namanya, kue ini berisi lelehan cheese custard yang lembut di mulut. Kelembutan ini dipadukan dengan kerenyahan khas kue tart. Kombinasi cheese custard dan kue tart menghasilkan rasa yang unik. Jadi tidak heran bila orang-orang penasaran mencobanya.

5. Seblak Jeletet
Seblak sebetulnya sudah cukup lama beredar di wilayah Bandung. Namun entah mengapa, gaungnya di media sosial baru terdengar tahun ini. Mungkin karena tahun ini ada varian baru Seblak di Jakarta bernama Jeletet.

Bagi yang masih bingung, Seblak adalah kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran, daging, dan telur. Rasanya gurih dan membuat ketagihan. Seblak Jeletet menghadirkan campuran ini dengan kuah pedas. Kepedasannya bisa disesuaikan dengan keinginan. Ada level kepedasan tertentu yang bisa Anda pilih.

Makan Seblak Jeletet bisa dianggap sebagai sebuah tantangan. Banyak orang berlomba-lomba menguji kekuatan mereka menahan pedas dengan jajanan ini.

(dira/yb)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait