Dulu Dipakai Membumbui Daging Anjing, Bumbu RW Khas Manado Kini Bisa untuk Ikan

Christiya Dika Handayani Friday, 13 October 2017
Tidak Terbatas Daging Anjing, Bumbu RW Khas Manado Kini Bisa untuk Ikan dan Ayam (Dika / Tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Indonesia terkenal dengan banyaknya makanan khas di setiap daerahnya. Seperti di kota Manado, Sulawesi Utara, yang merupakan salah satu tempat yang kaya akan hasil lautnya. Oleh karena itu, masyarakat Manado mengolah hasil laut tersebut dengan berbagai macam olahan, salah satunya adalah ikan tuna bumbu RW.

Ikan tuna bumbu RW ini biasanya dimasak dengan menambahkan daun bawang atau daun kemangi di dalam hidangannya dan dinikmati dengan nasi hangat, singkong rebus atau pisang rebus.

Bumbu RW merupakan bumbu kunyit, cabai dan jahe yang dihaluskan secara kasar. Bumbu RW ini dikenal memiliki rasa yang sangat pedas dan terasa rempahnya. Sebelumnya bumbu RW ini hanya digunakan untuk memasak makanan yang berasal dari kota Manado dan Minahasa yang berbahan dasar daging anjing. 

Daging anjing di Manado dikenal dengan istilah RW yang merupakan singkatan dari rintek wuuk yang artinya bulu halus. Namum kini, bumbu RW bisa digunakan untuk mengolah bahan daging lainnya seperti ayam, bebek, daging kucing hingga ikan dan gurita.

 

(dika / wida)

Penulis Christiya Dika Handayani
Editor Wida Kriswanti
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.