Ngopi Akhir Pekan: Sensasi Kopi Magic di Coffeesmith

Ika Nurhayati | 14 Oktober 2017 | 02:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Untuk kesekian kali kami kembali ke Coffeesmith, yang letaknya bukan di area ramai kuliner, yakni di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan. Sejak pertengahan 2015, Coffeesmith hidup berdampingan dengan firma hukum, bank, rumah sakit, dan warteg. Namun selalu jadi tujuan pencinta kopi, mengingat koleksi kopinya. Coffeesmith punya mesin sangrai kopi sendiri di bagian muka kafe, dengan hasil sangrai dikemas dan dijual untuk umum. Kami datang lagi untuk mencicipi kopi susu yang rasanya lebih kuat daripada latte dan cappuccino serta menyandang nama keren, magic.

Kami baru mengenal magic, minuman kopi yang tak mudah didapatkan, dari sebuah kedai kopi di Bandung pertengahan tahun ini. Magic di Coffeesmith hari itu diolah dari campuran kopi Gayo dan kopi house blend mereka. Rasanya, sudah pasti kaya. Jejak rasa karamel dan madu bergantian dikecap lidah. Sebenarnya, dalam menu terbaru Coffeesmith, magic tidak tercantum. Namun baristanya dengan senang hati akan membuatkan khusus apabila kita memesannya.

Untuk yang senang dengan jenis kopi susu yang ringan dan kopi hitam filter, Coffeesmith tempat yang tepat untuk menikmati semua minuman kopi itu. Kamu bebas tanya-tanya soal biji kopi yang digunakan sebelum memesan dan barista yang bertugas akan menjawabnya dengan ramah. Di samping magic, kami pernah mencoba piccolo dan iced white, yang setara dengan iced latte. Coffeesmith juga menawarkan minuman lain seperti teh, thai tea, dan cokelat.

Pengalaman mengopi di Coffeesmith kurang berkesan tanpa minimal mencicipi camilannya. Apalagi Coffeesmith menyesuaikan menu makanan dengan tren. Dulu di meja kassa biasanya terpampang camilan manis berupa brownie, muffin, dan banana cake, sekarang bertambah dengan cinnamon roll. Disajikan hangat, kami tak bisa berhenti mengunyah cinnamon roll yang berlumur cream cheese ini. Enak! Kalau stoknya sedang tersedia, jangan lewatkan banana almond alias pisang goreng renyah dengan saus karamel dan taburan kacang almon.

 

Coffeesmith juga menambah jenis makanan berat yang tengah populer ke dalam buku menu, yakni dory sambal matah. Perpaduan nasi hangat, ikan dori goreng tepung, dan sambal matah yang wangi, membuat satu mangkuk makanan ini kami tandaskan dalam 10 menit saja. Versi pastanya bisa kamu dapatkan dalam bentuk spageti tuna sambal matah.

Bergaya industrial dengan dinding semen ekspos, lantai semen poles, serta perabot berbahan kayu dan metal, plus pencahayaan agak redup, Coffeesmith yang berslogan “crafted with dedication” ini mungkin bukan latar ideal untuk foto OOTD. Ini tempatnya ngopi ganteng, kata teman kami, atau tempatnya sungguhan menikmati kopi sembari beraktivitas menghadap laptop atau mengobrol. Siapa tahu kamu juga bisa mengobrol dengan salah satu pemiliknya, Muhammad Aga, barista dengan barisan penggemar.

Coffeesmith

Jl. Duren Tiga Raya No. 19, Jakarta Selatan

Senin-Jumat 09.00-21.00 WIB, Sabtu-Minggu 08.00-21.00 WIB

(ika / bin)

Penulis : Ika Nurhayati
Editor: Ika Nurhayati
Berita Terkait