Ngopi Akhir Pekan: Blue Doors yang Magic

Ika Nurhayati | 24 Desember 2017 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di kota-kota besar termasuk Bandung, kedai kopi tumbuh sangat subur. Blue Doors mungkin saat ini bukan termasuk yang sering disebut atau konsisten menjadi latar foto Instagram. Namun buat penggemar kopi yang berlibur ke Bandung, jangan lewatkan kafe berpintu biru yang berdiri sejak pertengahan 2014 ini.

Terletak tidak jauh dari keramaian kawasan Riau, begitu memasuki Jalan Gandapura, cermati baik-baik setiap banguan hingga menemukan si pintu biru ini, mengingat Blue Doors berdiri tanpa plang nama. Satu area dengan galeri dekorasi, Blue Doors menempati area sudut. Begitu membuka pintu biru, wangi kopi menghambur. Ini memang tempatnya untuk menikmati kopi. Selain mengoleksi banyak kopi Nusantara, tak ada yang namanya ice blended coffee di Blue Doors—dan ini ditegaskan oleh catatan kaki di buku menu.

Di Blue Doors, kami yang banyak bersentuhan dengan kopi produk waralaba mengenal yang namanya kopi magic, jenis minuman kopi asal Australia yang kini mulai mudah didapati di kafe. Barista menawari kami magic, ketika kami bilang menginginkan es kopi susu yang lebih strong daripada latte.

Maka ia meracik segelas kecil magic dengan double ristretto, ekstraksi kopi yang lebih kental rasanya daripada espresso karena meski dibuat dengan takaran kopi yang sama, namun menggunakan air lebih sedikit. Menggunakan biji kopi dari Bone, Sulawesi Selatan, rasa magic, yang luar biasa pekat, sedikit dilembutkan jejak rasa cokelat di akhir sesapan.

Meski tidak sedia minuman kopi blended, Blue Doors menawarkan banyak rasa teh. Ada pula matcha latte, chai latte, chocolate juga dark chocolate, orange juice sampai lemonade. Kami juga mencicipi cheese burger yang lumer dan macaronie schotel yang cukup mengenyangkan untuk taraf camilan.

Blue Doors sendiri tempat yang keren sebagai latar swafoto. Mengusung tema desain retro yang jarang dijumpai di kafe lain, Blue Doors dominan warna hijau dan biru, dengan perabot bermaterial kayu dan logam, serta berhiaskan gambar artis Barat yang populer di tahun 1960-an.

Blue Doors

Jl. Gandapura No. 61, Sumurbandung, Bandung

Senin-Minggu 07.00-22.00 WIB

Penulis : Ika Nurhayati
Editor: Ika Nurhayati
Berita Terkait