5 Kopi yang Jadi Tren pada 2017: Dari Es Kopi Susu Sampai Kopi Magic

Ika Nurhayati | 31 Desember 2017 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tahun 2017, bisnis minuman kopi menemukan momentumnya. Selain karena kafe juga menjadi tempat yang tidak hanya untuk menikmati kopi dan sekadar mengobrol tapi juga tempat yang fungsional untuk mengerjakan tugas di depan laptop—sehingga terbitlah konsep café and coworking space, juga berkat kreasi es kopi susu yang harganya relatif murah dan rasanya semakin beragam. 

Es kopi susu

Primadonanya minuman kopi sepanjang 2017 dan sepertinya masih akan berlanjut tahun depan, mengingat bulan ini saja beberapa label baru dirilis. Biasa dijajakan di kedai kopi kecil atau digerakkan usaha rumahan, harganya bisa ditekan ke belasan ribu rupiah. Belakangan kafe besar pun ikut memproduksinya, dengan kemasan lebih cantik daripada sekadar gelas plastik. Biasanya rasanya ringan dan berkomposisi kopi (baik hanya robusta, arabika, atau campuran keduanya), susu, plus gula aren. Ada juga versi kopi hitamnya atau dengan tambahan perasa lainnya seperti matcha, stroberi, atau karamel.

Matcha espresso

Fusi rasa Asia dan Barat, matcha espresso dipopulerkan sebuah kafe waralaba. Minuman sejenis, dalam berbagai versi dan komposisi, diadopsi kafe lain dan bahkan termasuk dalam menu es kopi susu. 

Kopi kelapa

Kelapa enak dicampurkan ke dalam es krim dan es serut, kenapa tidak kopi? Barista pun berkreasi dengan kerukan daging kelapa dan bahan lain berbasis kelapa seperti santan dan minyak kelapa. Hasilnya, kopi tidak hanya semakin sedap tapi juga wangi. 

Magic

Kopi reguler warga Melbourne, Australia, ini mulanya tersedia terbatas—bahkan tidak termasuk dalam menu—namun jelang akhir 2017 sudah mulai didapati di banyak kafe di Jakarta dan khususnya Bandung. Diracik hangat, lebih kuat rasa kopinya daripada latte dan cappuccino karena menggunakan takaran double ristretto, yang tingkat kepekatannya di atas espresso

Kopi dalam cone

Setelah kopi dalam wadah cookie, terbitlah kopi dalam cone es krim. Biasanya kopi yang digunakan untuk mengisi cone adalah espresso dan piccolo. Dijamin nikmat, karena lapisan cokelat di bagian dalam cone larut ke minuman kopi. 

(ika / bin)

Penulis : Ika Nurhayati
Editor: Ika Nurhayati
Berita Terkait