Mengenal Seluk Beluk Kopi di First Crack Coffee Academy

Ika Nurhayati Sabtu, 20 Januari 2018 21:45:23
Dark Cappuccino. (Ika / tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Pemburu kopi enak, satu lagi kafe yang patut kamu kunjungi di wilayah Jakarta Utara: First Crack Coffee Academy. Kafe yang berlokasi di bagian belakang Altira Business Park, Sunter, ini tidak cuma punya tempat sangrai kopi atau roastery sendiri di bagian belakang kafe. Namun juga mengelola akademi kopi, yang secara berkala menyelenggarakan kelas, dengan sertifikat diploma kopi yang bisa diperoleh setelah melalui beberapa tahap. Seperti berlangsung 21-27 Januari ini, yakni kelas perkenalan dengan seluk-beluk kopi, kelas sensory atau identifikasi rasa kopi, kelas brewing atau seduh kopi dengan berbagai metode sampai kelas barista.

Berawak barista dan staf perempuan. (Ika / tabloidbintang.com)
Berawak barista dan staf perempuan. (Ika / tabloidbintang.com)

Tidak terbantahkan, First Crack Coffee Academy adalah kafe dengan kopi berkualitas. First Crack Coffee Academy, yang berawak hanya karyawan perempuan, pun memahami selera pengunjung yang berbeda. Ketika kami memesan cappuccino, kami ditawarkan memilih level kopinya, medium atau dark. Memilih dark, biji kopi yang digunakan adalah Flores Peaberry dengan jejak rasa hazelnut panggang dan sedikit pahit. We love it!

Terang, cukup luas, dan tidak pernah sepi pengunjung. (Ika / tabloidbintang.com)
Terang, cukup luas, dan tidak pernah sepi pengunjung. (Ika / tabloidbintang.com)

Kami perhatikan, di sini kopi panas pesanan kami tidak dihidangkan bersama sendok kecil, sebagaimana di kebanyakan kafe. Menurut kami ini penyajian yang tepat, karena kalau diaduk apalagi ditambahkan gula, kopi seperti cappuccino akan terkikis esensinya dan latte art-nya, he he he.

Nasi dori katsu sambal matah. (Ika / tabloidbintang.com)
Nasi dori katsu sambal matah. (Ika / tabloidbintang.com)

Semua kopi yang berbasis espresso seperti cappuccino pesanan kami juga jenis lainnya seperti latte, macchiato, espresso, dan americano harganya terbilang murah untuk ukuran kafe Jakarta, 25-30 ribu rupiah. Sementara kopi seduh manual dan kopi racikan spesial seperti orange coffee Bali dan coconut coffee Gayo dipatok 35 ribu rupiah.  Tidak mengherankan First Crack Coffee Academy, yang mampu menampung sekitar 70 pengunjung, saat kami datangi sebelum makan siang cukup padat pengunjung dan semakin padat di jam makan siang oleh para pegawai kantoran di sekitar.

<em>Honey cake</em>. (Ika / tabloidbintang.com)
<em>Honey cake</em>. (Ika / tabloidbintang.com)

Menyadari lokasi, First Crack Coffee Academy juga menyediakan lebih dari 10 makanan berat, dari nasi, mi, sampai pasta dengan berbagai lauknya. Beberapa jenis camilan yang harus diolah sebelum dihidangkan seperti pisang goreng dan singkong goreng juga ikut mengisi menu. Sementara kalau ingin cake dan pastry tinggal tunjuk yang tersedia di etalase makanan di samping kassa, seperti honey cake atau croissant.
 

First Crack Coffee Academy

Altira Business Park B12-B15, Sunter, Jakarta Utara
Senin-Sabtu 09.30-19.30 WIB, Minggu 08.00-20.00 WIB

(ika / bin)

Penulis Ika Nurhayati
Editor Binsar Hutapea
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.