Racikan Kopi Girls’ Squad di Rubiaceae Artisan Coffee

Ika Nurhayati Sabtu, 27 Januari 2018 13:45:23
Flat white dengan takaran espresso lebih strong. (Ika / tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - All girls’ squad! Inilah pemandangan pertama yang menonjol ketika kita memasuki Rubiaceae Artisan Coffee. Sejak berdiri pada April 2016 awak Rubiaceae Artisan Coffee, termasuk pemiliknya, kesemuanya perempuan. Mungkin ini ada hubungannya dengan kesan pertama kami terhadap kafe yang bertempat di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan: bersih. Bukti para staf cermat terhadap kebersihan kafe demi kenyamanan pelanggan.

Berdesain simple rustic. (Ika / tabloidbintang)
Berdesain simple rustic. (Ika / tabloidbintang)

Tidak terlalu besar dengan kapasitas sekitar 30 orang, Rubiaceae Artisan Coffee, yang nama depannya diambil dari istilah untuk suku tumbuhan berbunga yang antara lain menaungi kopi, berdesain simple rustic. Tembok dan lantai semen ekspos, bangku kayu berbeda tipe yang bersanding dengan meja kayu atau meja marmer putih berhiaskan vas berisi bunga dan ranting kering, kaca jendela besar berikut ornamen cermin panjang di lantai 2, menjadikan Rubiaceae Artisan Coffee tampak apik dan lebih luas juga terang di siang hari. Tempat yang cantik buat berfoto cantik.

Bar kopi Rubiaceae. (Ika / tabloidbintang)
Bar kopi Rubiaceae. (Ika / tabloidbintang)

Kata artisan di label Rubiaceae Artisan Coffee bukan tempelan. Para barista perempuan hanya meracik kopi berkualitas, dengan level kepekatan yang bisa disesuaikan dengan selera, dan terampil membentuk art latte yang keren untuk minuman hangat. Kopi jadi menu andalan, dengan tambahan beberapa jenis minuman lainnya dan camilan.

<em>Flat white</em> dengan takaran espresso lebih strong. (Ika / tabloidbintang)
<em>Flat white</em> dengan takaran espresso lebih strong. (Ika / tabloidbintang)

Dua kali kami bertandang, dua kali kami merasakan minuman kopi yang mantap. Kopi yang populer di Australia, flat white yang takaran susunya lebih sedikit dibanding latte, di Rubiaceae Artisan Coffee disajikan dengan satu espresso shot namun kami meminta dibuatkan lebih strong. Menggunakan biji kopi campuran Sunda Arumanis, Toraja, dan Ethiopia, hasilnya sungguh wow.

&lt;em&gt;Dirty chai &lt;/em&gt;dengan rempah-rempah.(Ika / tabloidbintang)
<em>Dirty chai </em>dengan rempah-rempah.(Ika / tabloidbintang)

Jangankan minuman kopi tanpa tambahan rasa lain seperti flat white. Dirty chai, perpaduan espresso dengan chai latte atau susu berempah, pun kopinya dominan. Kopi unik lainnya yang boleh dicoba adalah spanish latte dengan susu kental manis atau special fix, kreasi pemilik kafe yang merupakan campuran kopi cold brew dengan ginger ale atau semacam soda jahe dan sedikit parutan kulit lemon.

&lt;em&gt;Beef lasagna&lt;/em&gt;. (Ika / tabloidbintang)
<em>Beef lasagna</em>. (Ika / tabloidbintang)

Untuk minuman di luar kopi, yang kami rekomendasikan adalah vanilla chai—versi nonkopi dirty chai—dan red velvet latte. Sebagai teman minum kopi, Rubiaceae Artisan Coffee menawarkan camilan seperti croissant, lasagna, dan sandwich.

&lt;em&gt;Red velvet latte&lt;/em&gt;. (Ika / tabloidbintang)
<em>Red velvet latte</em>. (Ika / tabloidbintang)

 

Rubiaceae Artisan Coffee

Jl. Radio Dalam Raya No. 11C, Jakarta Selatan
Senin-Jumat 08.00-20.00 WIB, Sabtu 09.00-20.00 WIB, Minggu tutup

(Ika / bin)

Penulis Ika Nurhayati
Editor Binsar Hutapea
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.