Nuansa dan Rasa Jepang di Ardent Coffee

Ika Nurhayati | 18 Februari 2018 | 17:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mulanya menjadi salah satu penghuni Co.Lab Plaza Senayan dan bagian dari Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, akhirnya Ardent Coffee memiliki tempat sendiri berlokasi di Puri Indah, Jakarta Barat. Dari luar berkesan kecil, nyatanya di dalam area makan dan mengopi Ardent Coffee melebar ke samping dan memanjang ke belakang.

Yang langsung mengunci pandangan kami ketika mata menelusuri setiap sudut Ardent Coffee, taman Zen atau taman batu Jepang sebagai tema area smoking. Taman minimalis ini, di mana pohon dan pot tanaman bonsai berdampingan dengan hamparan batu kerikil yang melambangkan tanah, memaksimalkan bagian belakang kafe agar berkesan luas.

Sejalan dengan taman Zen yang mengandung filosofi kesederhanaan dan kedekatan dengan alam, bagian dalam Ardent Coffee atau area non-smoking ditata nyaman dengan warna-warna alam yang menenangkan. Selain putih pada dinding dan aksen pada beberapa meja, warna yang mendominasi lantai, perabot sampai hiasan adalah abu-abu, biru, hijau, serta cokelat dan gradasinya. Pencahayaan alami datang dari balik kaca dan pintu jendela, yang membatasi area ini dengan area smoking, sehingga Ardent Coffee berkesan hangat.

Menambah kenyamanan pengunjung, Ardent Coffee sangat bersih! Kami menyaksikan sendiri ketika beberapa meja ditinggal pengunjung, staf langsung sigap membenahi meja—dan lebih dari 1 staf terlibat. Begitu pula meja yang kami tempati, tidak menyisakan bekas makanan atau minuman tercecer.

Nuansa Jepang merembet hingga makanan. Sebagian besar, baik ringan maupun berat, merupakan hidangan fusi Jepang, seperti sushi taco dan japanese bruschetta yang diracik menggunakan nori. Namun ada pula beberapa hidangan lokal dan Barat seperti the ardent burger, nasi goreng buntut, dan singkong goreng. Kami sendiri tertarik memesan camilan manis, karena judulnya yang menarik. Setelah mempertimbangkan antara brownie bomb dan fried cheesecake bites, kami memesan yang terakhir.

Fried cheesecake ini pun camilan yang mudah dijumpai di Jepang, biasanya menyandang nama tempura fried cheesecake. Nah cheesecake goreng di Ardent Coffee ini dimodifikasi agar lebih sedap dan semenarik judulnya. Diwadahi gelas transparan, fried cheesecake bites tampil berselimutkan saus sea salt caramel, dengan tambahan es krim vanila dan taburan cokelat berwarna-warni. Perpaduan yang bikin fried cheesecake bites ini, yang bagian dalamnya lembut, lumer di mulut.

Sudah mencicipi latte Ardent Coffee yang terasa pekat kopinya di cabang lain, kali ini kami memesan latte dengan tambahan rasa cokelat dan madu: dark mocha decadence dan manuka honey milk espresso. Meski sudah ditambahkan rasa manis, kopi dalam kedua minuman ini masih cukup terasa. Kalau suka kopi hitam, tersedia manual brew dengan berbagai metode seduh. Di luar minuman kopi, red velvet truffle dengan hint rasa cokelat atau uji matcha latte—menggunakan matcha atau teh hijau asli Jepang—boleh dicoba.

Ardent Coffee

Jl. Pesanggrahan Raya No. 168F, Puri Indah, Jakarta Barat

Senin-Kamis 08.00-22.00 WIB, Jumat-Sabtu 09.00-23.00 WIB, Minggu 09.00-22.00 WIB

(ika / bin)

Penulis : Ika Nurhayati
Editor: Ika Nurhayati
Berita Terkait