Sama Dengan, Urban Jungle di Tengah Kota

Ika Nurhayati | 4 Maret 2018 | 17:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di tengah bangunan beton menjulang Kalibata City, ada sebuah oase dilingkupi tanaman hijau bernama Sama Dengan. Ini kafe yang terletak di bagian depan salah satu gedung apartemen. Ditata dengan konsep urban jungle, menebar kesan hangat dengan tanaman hijau dari luar sampai dalam kafe. Tanaman hias berjajar dari area smoking di depan, menggantung di langit-langit area non-smoking di dalam, sampai mengisi pot-pot kecil di meja. Beberapa lukisan yang menghiasi setiap dinding kosong menambah artistik Sama Dengan yang berperabot gaya minimalis, kursi dan meja kayu.

Berkapasitas 35 orang, Sama Dengan di pagi hari jadi tempat kerja di depan laptop yang nyaman. Seperti yang kami saksikan beberapa pagi kami berkunjung, pasti sudah ada pengunjung lain yang lebih dulu menempati pojok yang pewe dan menghadap laptop. Tempat nyaman, WiFi lancar, terlebih Sama Dengan Coffee saat ini punya paket breakfast seharga 65 ribu rupiah untuk 1 hidangan sarapan, 1 gelas jus, dan 1 cangkir kopi atau teh hangat.

Paket yang terbilang murah untuk ukuran kafe. Kami pernah mencoba hidangan sarapan berupa big breakie—dengan telur omelet di atas roti panggang plus sosis dan beef rasher—dan eggs benedict­—dengan 2 telur benedict di atas roti brioche dan beef rasher. Hidangan sarapan yang mengenyangkan juga sehat, karena tersaji bersama selada yang porsinya bukan sekadar garnis. Tidak cuma menu breakfast, sebagian besar menu utama, dari beef atau chicken burger sampai fish and chips, pun dilengkapi selada dengan kadar sama banyak.

Hampir 100 persen makanan di Sama Dengan ini bergaya Barat, termasuk camilan dan keik. Buat harga dan rasa, makanan sejenis boleh diadu dengan kafe lain. Dengan harga makanan di kisaran 25 ribu-57 ribu rupiah dan kopi 15 ribu-38 ribu rupiah, Sama Dengan menjangkau banyak kalangan, selaras dengan makna nama kafe yang berarti “kesetaraan”.

Kopi tidak usah diragukan lagilah, mengingat Sama Dengan punya roastery sendiri—meski tidak seatap. Saat ini mengandalkan biji kopi Aceh Gayo dan Java Dieng, kami sudah mencoba beberapa variasi kopi, dari long black, piccolo, latte, sampai cappuccino. Sekali waktu bahkan kami ditawari pemiliknya untuk menyesap cold brew coffee—belum masuk menu—yang diolah dengan biji kopi Bali Kintamani.

Sama Dengan

Kalibata City, Tower Flamboyan, Jl. Kalibata Raya No. 1, Jakarta Selatan

Senin-Minggu 08.00-24.00 WIB

(ika / bin)

Penulis : Ika Nurhayati
Editor: Ika Nurhayati
Berita Terkait