Vegan Culinary Festival 2018 Siap Digelar 23-25 Maret

Romauli Gultom | 7 Maret 2018 | 03:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Guna memperkenalkan pola makan sehat, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung event Vegan Culinary Festival 2018 yang akan diselenggarakan di Tribeca Central Park Mall pada tanggal 23-25 Maret 2018.

Festival ini diselenggarakan oleh Indonesia Vegetarian Society (IVS) sebagai rangkaian acara "Earth Day Vegan Festival & Forum 2018".

Festival kuliner vegan ini bertujuan untuk memperkenalkan serta mempromosikan aneka makanan vegan nusantara yang menjadi bagian penting dalam industri pariwisata. Terutama untuk menarik minat wisatawan mancanegara ke Indonesia, khususnya komunitas vegan dari seluruh dunia.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana Brahmananda mengungkapkan, wisatawan dari komunitas vegetarian dan vegan di Indonesia dan mancanegara semakin banyak dan terus berkembang, sehingga mendorong tumbuhnya rumah makan vegetarian dan vegan yang kini menjamur di berbagai kota dan daerah di Indonesia.

"Tercatat lebih dari 1000-an rumah makan vegetarian dan vegan baik yang berskala besar seperti restoran hingga warung kaki lima tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Bahkan, banyak rumah makan non-vegetarian atau vegan juga menyediakan menu khusus vegetarian termasuk hotel, tempat wisata, hingga kantin sekolah," ujar I Gde Pitana Brahmananda dalam konferensi pers Vegan Culinary Festival 2018 di Kementerian Pariwisata, Selasa (6/3).

Sementara itu, Sekjen IVS sekaligus Sekjen World Vegan Organization dan Presiden Yayasan Tempe Internasional, Susianto mengatakan festival kuliner vegan ini dapat menjadi media untuk memperkenalkan kepada masyarakat pola makan sehat terutama dari bahan makanan kacang-kacangan.

"Kita ingin memperkenalkan pola makan yang sehat dan mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan dengan beralih ke pangan nabati," jelasnya.

Rangkaian Earth Day Vegan Festival dan Forum 2018 akan berlangsung selama 3 hari. Akan ada 168 menu makanan untuk vegan. Mulai dari empek-empek, rendang, bakso hingga sate yang khusus dibuat untuk vegan. Selain itu, akan ada juga fashion show dengan material dasar barang bekas, green speech competition, parenting dan vegan talk show, flash mob oleh INLA (International Nature Loving Association) dan Art Performance dan entertainment. Datang yuk!

(uli / gur)

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait