Bataputi Coffee House, Kafe Instagrammable dan Romantis di Kota Malang

Ika Nurhayati | 23 Maret 2018 | 22:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Punya rencana berlibur ke Malang dan sekitarnya long weekend mendatang? Selain mengunjungi tempat wisata, sempatkan berbelok ke Bataputi Coffee House yang berlokasi di tengah perumahan mewah Araya untuk menikmati kopi dan pemandangan sekeliling kafe. Dijamin, enggak kalah keren dengan kafe di Jakarta dan Bandung! Sebagai kafe yang mungkin paling Instagrammable di Malang saat ini, kegiatan utama pengunjung, sebagaimana kami saksikan akhir pekan kemarin, bukan mengobrol atau mengerjakan tugas melainkan berfoto.

Dengan tembok bata putih menopang beberapa bagian kafe—yang berpadu dengan material kayu dan rotan yang berkesan tradisional—sederhananya nama kafe diambil dari nama bahan bangunan itu. Nuansa putih yang juga diperoleh dari pagar, sebagian perabot, dan kosen pintu-jendela, menjadikan Bataputi Coffee House latar foto yang bersih dan menarik. Ditambah lingkungan kafe yang asri, dilingkupi pohon dan tanaman hias dari luar sampai dalam, Bataputi Coffee House bertahan sebagai kafe favorit di Malang sejak berdiri pada 2015.

Banyak latar foto potensial di Bataputi Coffee House. Yang terfavorit adalah bagian terluar kafe, yang berfasilitaskan meja dan bangku rotan putih. Kita bisa mengambil foto dengan 3 latar sekaligus: gazebo kayu yang merupakan bagian dari area smoking, Sungai Bango dan pepohonan di tepinya yang membelah Perumahan Araya, dan Jembatan Araya yang megah. Nah lampu gantung yang menghiasi Jembatan Araya ini menyala terang jelang malam turun. Tidak cuma menambah keren latar foto kamu, tapi juga bikin suasana malam hangat dan romantis!

Baru buka setiap hari pukul 3 sore, di akhir pekan Bataputi Coffee House mulai ramai jam 5 sore. Pengunjung umumnya mengincar duduk di gazebo dan ruangan non-smoking yang ber-AC dan bersofa. Selain tempatnya asyik, makanan dan minuman yang ditawarkan Bataputi Coffee House terjangkau. Kami mencicipi dua minuman kopi yang direkomendasikan para staf kafe yang ramah, yakni avocado coffee dan satunya lagi yang hanya tersedia di akhir pekan, es kopi susu tempo doeloe.

Kopi dalam olahan avocado coffee masih cukup dominan sekalipun tersaji dengan es krim vanila. Jadi jika kamu menyenangi kopi yang ringan, es kopi susu tempo doeloe yang creamy lebih sesuai. Apalagi spesialnya es kopi susu ini terhidang bersama jajanan pasar, yang jenisnya tergantung pada ketersediaan.

Makanan berat beragam, dari piza, burger, sampai yang berbasis nasi, pasta, dan mi. Sore waktu yang tepat buat ngemil, jadi kami memesan dua makanan ringan yang harganya masih di kisaran belasan ribu rupiah: pisang goreng gula jawa dan onion rings. Onion rings terhidang renyah dan sedap dikudap hangat. Namun wajib deh pesan pisang goreng gula jawa, yang bukan bertabur meises dan keju seperti pada umumnya, melainkan bergaya tradisional dengan taburan gula jawa dan kerukan kelapa muda.  

Bataputi Coffee House

Jl. Araya Megah No. 9, Kota Araya, Malang

Senin-Minggu 15.00-23.00 WIB

(ika/bin)

Penulis : Ika Nurhayati
Editor: Ika Nurhayati
Berita Terkait