Kopilot di Antara Kopi dan Dunia Pilot

Ika Nurhayati | 21 April 2018 | 06:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perkafean di Jakarta Timur mungkin belum semeriah di wilayah Jakarta lainnya. Namun berbahagialah warga setempat punya Kopilot yang bertempat di Cipayung. Tidak cuma luas termasuk parkirnya, Kopilot menyangrai kopi sendiri, lo! Dijamin, suguhan kopi Kopilot nikmat dan segar.

Kopilot, yang segera menginjak tahun ketiga beroperasi, terbagi atas 2 tema desain ruangan dengan warna dominan putih dan cokelat. Sudah jelas dari nama kafe, salah satunya tidak jauh dari dunia penerbangan. Menyambut kita ketika membuka pintu masuk yang mengarah ke area, miniatur pesawat yang menggantung di depan meja bar kopi. Dan itu hanya satu dari sekian banyak ornamen berbau penerbangan di Kopilot, yang kebanyakan menghias dinding area yang bergaya kasual ini. Menunjukkan hubungan erat pemiliknya dengan dunia satu ini.

Satu tema lagi juga telah tampak di ruangan dalam yang berbatasan dengan teras belakang, depan, dan samping dengan pintu dan jendela kaca ini: nuansa etnik Jawa. Menyelingi meja, kursi, dan lampu gantung khas kafe masa kini, kabinet kayu jati dan rak hias yang mirip rak gantung gong gamelan—hanya saja di sini berfungsi sebagai rak gantung tanaman hias.

Nuansa tradisional lebih kental lagi menyelimuti area teras. Meja kursi kayu jati dan rotan, gebyok di area belakang, dan lampu gantung klasik memperkuat nuansa itu. Menjadikan Kopilot tempat yang nyaman bergaya kekinian tapi juga menghargai tradisi.

Menempatkan bar kopi sebagai pusatnya serta memiliki ruangan dan mesin penyangraian sendiri di dekat pintu masuk, fokus Kopilot jelas menyajikan kopi terbaik bagi pengunjung namun dengan harga yang terjangkau, masih di bawah 40 ribu rupiah. Biji kopi dari berbagai daerah dan negara terpampang di meja bar kopi. Kami mencoba cappuccino dan hasilnya sangat pekat, cocoklah dengan selera kami.

<em>Cappuccino dengan latte art yang cantik. </em>(Ika Nurhayati/tabloidbintang.com)
<em>Cappuccino&nbsp;dengan&nbsp;latte&nbsp;art yang cantik. </em>(Ika Nurhayati/tabloidbintang.com)

Dan latte art buatan barista Kopilot sangat keren! Kami sendiri mendapatkan latte art bergambar angsa, beda dengan standarnya yang biasanya berbentuk hati. Kalau belum puas menikmati kopi hasil sangraian sendiri di Kopilot, bisa membawa pulang biji kopi hasil penyangraian Kopilot, seperti Gayo atau Andung Sari—yang terakhir sempat kami cicipi versi seduh manualnya di tempat.

Mau makanan ringan atau berat sebagai teman mengopi di Kopilot, semua ada. Tidak mengherankan dengan keunggulan pada kopi, menu makanan, dan daya tampung, Kopilot sudah tak terbilang menjadi tuan rumah berbagai acara termasuk acara komunitas.

Kopilot Coffeehouse & Kitchen

Jl. Raya Pondok Gede Km 3, Cipayung, Jakarta Timur

Senin-Kamis 10.00-22.00 WIB, Jumat-Minggu 10.00-24.00 WIB

(ika/bin)

Penulis : Ika Nurhayati
Editor: Ika Nurhayati
Berita Terkait