Perbedaan Es Kepal Milo di Jakarta dan Yogyakarta

TEMPO | 26 April 2018 | 08:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah populer di Malaysia, Es Kepal Milo jadi viral di Indonesia. Salah satu kota yang menandai kemunculannya adalah Yogyakarta, lalu disusul kota-kota lain seperti Jakarta.

Akhir pekan lalu, Tempo menyambangi gerai es kepal yang terhitung paling ramai di Jakarta. Kedai itu ialah Es Kepal Milo Viral yang berlokasi di bilangan Tebet, Jakarta Selatan.

Lantas, pada Selasa, 25 April, Tempo mencoba bertandang kedai Es Kepal Milo di Yogyakarta, yakni Ais Kepal Jogja. Lokasinya di Jalan Surami, Mantrijeron. Menurut penikmat makanan di sekitar kedai itu, kedai ini termasuk salah satu yang mengenalkan Es Kepal Milo di Indonesia.

Setelah menjelajah kedua kedai paling populer di kota berbeda itu, ada beberapa perbedaan. Berikut ini bedanya es kepal yang tengah populer di Jakarta dan Yogyakarta yang dihimpun Tempo.

1. Rasa

Es Kepal Milo di Kedai Es Kepal Viral memiliki rasa manis yang berlapis. Namun rasa manis es kepal di Ais Kepal Jogja justru tidak terlalu kuat. Rasa keduanya beda lantaran bahan baku Es Kepal Viral di Jakarta menggunakan Milo asli Malaysia, sedangkan Milo Jogja menggunakan produk susu campuran. Bagi yang tak terlalu suka manis, es kepal versi Jogja lebih ramah di lidah.

2. Kekentalan

Cairan Milo di kedai Es Kepal Milo Viral tampak lebih encer. Sedangkan versi Ais Kepal Jogja, cairan tersebut pekat dan lengket. Cokelat yang pekat membikinnya tak mudah mencair.

3. Serutan es

Serutan es batu versi es kepal Jogja terasa renyah dan bisa dikunyah. Kepalan esnya pun gampang dipisahkan dengan sendok ketika dikikir. Sedangkan versi yang sedang viral di Jakarta, es batu yang dikepal kudu ditunggu mencair lebih dulu supaya dapat dinikmati.

4. Ukuran gelas

Ukuran cup es kepal Jogja lebih kecil dibandingkan dengan ukuran cup es kepal Milo di Tebet, Jakarta. Di Jogja, es kepal dijajakan Rp 8.500 per cup sedangkan es kepal di Tebet, Jakarta dibanderol Rp 15-20 ribu.

5. Topping

Topping yang disertakan untuk memperkaya rasa di kedai Ais Kepal Jogja ada enam pilihan rasa. Tiga di antaranya ialah keju, Oreo, dan kacang. Tiap-tiap topping dibanderol Rp 1.500-2.500. Sedangkan Es Kepal Milo Viral Jakarta menyediakan tiga pilihan topping, yakni Oreo, kacang, dan bubuk Milo. Ketiganya gratis.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait