Setelah Es Kepal Milo, Kini Muncul Es Kepal Dancow, Ini Bedanya

TEMPO | 2 Mei 2018 | 20:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menyusul demam es kepal Milo yang sebulan ini ramai dibicarakan, kini muncul es kepal Dancow yang mulai dikenal warganet sejak foto semangkuk es susu putih itu beredar di berbagai akun Instagram food blogger. 

Pertama kali muncul dua pekan lalu di Bandung, Es kepal Dancow digagas oleh Dzaky Allam. Sejak dibuka, penyuka es kepal langsung menyerbu. Sebanyak 200 cup es kepal Dancow pun, katanya saat dihubungi melalui pesan pendek pada Rabu, 2 Mei, ludes terjual dalam sehari. 

Seperti es kepal Milo, es kepal Dancow mendapat respons positif dari penyuka kuliner. Lantas, apa bedanya es kepal Dancow dan es kepal Milo? 

Bahan utama yang dipakai untuk es kepal Milo terbuat dari bubuk cokelat Milo. Milo yang digunakan pun kudu diimpor langsung dari Malaysia untuk menghadirkan rasa es kepal yang otentik. Sedangkan bahan utama es kepal Dancow adalah bubuk susu putih dari merek susu Dancow. Berbeda dengan Milo yang kudu didatangkan dari negeri jiran, bubuk susu Dancow cukup dihadirkan dari dalam negeri.

Umumnya, pembeli es kepal Dancow benar-benar hanya orang yang doyan susu putih. Jumlahnya memang lebih sedikit daripada penyuka susu cokelat. Sedangkan pembeli es kepal Milo lebih beragam karena kebanyakan orang tak memiliki masalah dengan rasa susu cokelat.

Takaran racikan susu Milo biasanya lebih banyak daripada takaran Dancow. Sebab, rasa susu putih cenderung lebih membuat enek sehingga takaran Dancow kudu dibatasi.

Pilihan topping untuk es kepal Dancow dan Milo sebenarnya tak jauh berbeda. Hanya, topping es kepal Dancow sedikit lebih beragam, yakni meliputi bubuk susu cokelat, Oreo, crunch, kacang, marshmallow, beng beng, meses, dan roti tawar. Rasa susu putih yang cenderung flat dan gurih memungkinkan Dancow dipadupadan dengan beragam topping tersebut.

Sedangkan topping untuk Milo cukup terbatas. Sebab, Milo sudah punya ciri khas rasa cokelat manis yang kuat. Dikhawatirkan, dengan tambahan topping yang kurang pas, rasa susu cokelat justru akan rusak.

Harga yang ditawarkan untuk masing-masing es kepal tak jauh berbeda. Namun, dengan ukuran cup dan kuantitas bahan utama yang sama, harga yang dibanderol es kepal Dancow lebih murah. Es kepal Dancow berkisar Rp 12 ribu, sedangkan es kepal Milo Rp 15 ribuan.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait