LIburan Ke Cirebon, 5 Tempat Ini Wajib Anda Kunjungi

Wayan Diananto | 5 Agustus 2018 | 03:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Suntuk karena pekerjaan kantor menumpuk tapi tidak banyak tanggal merah di bulan Agustus? Tenang, Anda bisa kabur sejenak ke Cirebon yang bisa ditempuh dalam waktu tiga jam saja dari Jakarta. Anda bisa liburan memanfaatkan momen 17 Agustus atau Iduladha yang jatuh pada Rabu 22 Agustus. Dibukanya tol Cikampek-Palimanan membuat akses ke Cirebon jadi lebih mudah. Bagi yang masih berpikir apa asyiknya liburan ke Cirebon, kami punya 5 alasan untuk Anda.

Batik Trusmi

Di Cirebon, batik masih eksis karena dijaga oleh masyarakatnya. Batik khas Cirebon adalah batik mega mendung yang bermotif awan cerah dengan warna beragam. Mengapa harus di BT Batik Trusmi? Batik Trusmi merupakan toko batik terbesar di Indonesia yang tercatat di rekor MURI tahun 2013. Selain belajar membatik, Anda bisa melirik beberapa kain untuk oleh-oleh, kan?

Toko Pesona Batik

Pelesir kurang afdol tanpa berfoto lalu memamerkannya di Instagram. Nah, Cirebon kaya akan bangunan tua dengan desain superelok. British American Tobacco, Gedung Negara, Gereja Katolik St. Yusuf, Kantor Walikota Cirebon hingga Toko Pesona Batik yang dulunya gudang tua milik pegadaian. Ini bukan sembarang toko karena temboknya didesain menyerupai tembok tua yang rapuh di salah satu sisi bangunan. Berfotolah dengan latar tembok itu lalu unggah di medsos!

Batik Kitchen

Masih tentang batik tapi kali ini berupa restoran yang memiliki museum mini seputar batik. Selain belajar sejarah batik, Anda bisa menjadikan Batik Kitchen toko serbaada karena berbagai menu khas Cirebon ada di sini dari nasi lengko, empal gentong, hingga tahu gejrot. Empal gentong di Batik Kitchen disajikan dengan gentongnya langsung! Sebelum disantap, foto dulu dan pajang di Instagram ya, kan? Batik Kitchen berada di Jalan Syekh Datul Kahfi.

Kaos Kiris

Kalau bujet oleh-oleh Anda tidak cukup untuk membeli kain batik tulis, tenang, ada kaos Kiris. Kiris adalah salah satu umpatan yang sering dilontarkan orang. Agar tidak terkesan negatif, kata itu diplesetkan menjadi akronim “kaos ira isun (kaosnya kamu dan aku).” Kaos ini cocok dipakai anak muda maupun orang tua yang ingin tampil kekinian namun tetap berbudaya.

Cirebon Kelana

Dua tahun terakhir para seleb merintis bisnis kue kekinian menggunakan identitas daerah tertentu. Cirebon salah satu yang dilirik seleb. Adalah Ussy Sulistiawaty yang membuka gerai Cirebon Kelana. Kelana diambil dari Tari Topeng Kelana khas Cirebon. Cirebon Kelana adalah kue dengan topping motif batik. Ada banyak pilihan dengan harga terjangkau, cocok dijadikan oleh-oleh buat kerabat dan sahabat. Gerainya berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau yakni di jalan Siliwangi.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait