6 Makanan Korea yang Harus Dicoba Menjelang Musim Dingin

Hari Murtono | 13 Desember 2018 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Musim gugur di Korea Selatan sudah berada di penghujung waktu dan akan segera berganti dengan musim dingin. Saat yang tepat untuk para wisatawan maupun yang berniat berlibur ke Korea untuk mengenal makanan khas Korea yang layak dicicipi. Korea salah satu negara yang memiliki tradisi dan makanan dengan ciri khas yang kuat. Berikut Makanan yang harus Anda coba saat berada di Korea.

1. Pir Korea

Buah pir Korea sebenarnya masuk dalam golongan pir Asia. Warga Korea sangat suka memakan pir saat musim gugur. Bentuknya yang besar dan berair, sangat cocok untuk menambah energi agar tak mudah sakit saat musim dingin buah pir Korea secara tekstur hampir sama dengan buah pir yang ditemui di Indonesia hanya saja rasa manis memang membuatnya terasa istimewa. Buah pir Asia mengandung 116 kalori dan 0 persen lemak. Kandungan vitamin C, K, Dan potassium sangat baik untuk menjaga agar tubuh tetap prima. Penduduk Korea menyukainya karena di negara mereka yang memiliki 4 musim Tak mudah menemui buah-buahan, selain itu harganya juga Mahal.

2. Ubi Panggang

Kualitas ubi manis Korea tak berbeda jauh dengan ubi madu atau ubi Cilembu. Ada banyak penjual ubi dipinggir jalan di Korea. Selain yang dipanggang konvensional, banyak produk kue atau cemilan berbahan dasar ubi di Korea. Bahkan ada jenis cemilan ubi yang dipasarkan dan dijual franchise dan harganya juga cukup mahal. Ubi Korea populer karena kaya akan serat, mengandung 0 kolesterol, dan 0,1 lemak. Ubi panggang juga dimaksudkan sebagai penghangat tubuh di cuaca yang mulai mendingin.

3. Chestnut

Fungsi kacang panggang sama dengan ubi jalar, untuk menghangatkan dan mengenyangkan. Kacang merupakan jajanan pinggir jalan yang populer di musim gugur atau musim dingin di Korea. Meskipun bisa ditemui sepanjang dua musim, banyak orang yang percaya saat paling enak menikmati kacang panggang adalah di bulan Desember.

4. Gan Jang Gye Jang (Kepiting Mentah dalam Kecap Asin)

Gan jang gye jang adalah kepiting mentah yang direndam dalam kecap asin dan menampilkan kelezatan khas kiner Korea. Meskipun tidak semua oran suka,  hidangan ini sulit untuk dilewatkan. Banyak orang kembali lagi setelah mencobanya. Gan jang gye jang yang dibuat dengan blue crabs saat musim gugur, jadi waktu terbaik untuk merasakan kesegaran dan kenikmatan jenis makanan ini adalah periode akhir musim gugur dan awal musim  dingin.

5. Kesemek Kering

Kesemek kering sangat disukai di seluruh Asia Timur. Rasanya yang manis, kenyal, dan teksturnya yang seperti permen menjadikan camilan sehat karena mengandung banyak vitamin A, D, C, potassium, zat besi, dan merupakan sumber tenaga, dan kaya akan tinggi serat.

6. Fish Cake Soup

Tak lengkap rasanya kalau ke Korea saat musim dingin tidak  makan sup kue ikan. Setelah cuaca semakin dingin di Korea, makin banyak pedagang yang menjual makanan seperti ini dan biasanya jenis makanan ini  banyak dijual dalam gerobak di pinggir jalan. Uap hangat, kaldu gurih biasanya sukses menerbitkan liur bagi pejalan kaki yang lalu lalang. Memakan fish cake soup sangat menghangatkan badan.  Jenis makanan populer karena sering muncul dalam drama Korea.

(hari/bin)

Penulis : Hari Murtono
Editor: Hari Murtono
Berita Terkait