Mau Naik Kereta Api Pangandaran? Ini Harga Tiket, Jadwal, dan Waktu Tempuhnya

TEMPO | 4 Januari 2019 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Baru diluncurkan pada Rabu, 2 Januari 2019, rute Kereta Api Pangandaran dari Gambir ke Banjar dan Bandung ke Banjar. Selama 2 Januari sampai 1 Februari 2019, PT Kereta Api Indonesia memberlakuukan tarif promo Rp 1, tarif promo kelas eksekutif, tarif promo kelas ekonomi, sampai gratis. Tiket promo rute Gambir-Banjar kelas eksekutif seharga Rp 160 ribu dan promo tiket kelas ekonomi premium Rp 110 ribu.

Promo tiket Rp 1 berlaku untuk rute Bandung ke Banjar khusus untuk pembelian melalui online dan via aplikasi. Manager Humas PT KAI Daerah Operasi II Bandung, Joni Martinus mengatakan tarif Rp 1 diberlakukan untuk menyiasati pembelian online tiket kereta lewat penyedia layanan aplikasi penjualan tiket.

"Agar masyarakat tidak harus antre ke stasiun, maka mereka mendapat pilihan membeli lewat aplikasi, seperti Traveloka. Tapi transaksi di sana harus ada nilainya, tidak bisa Rp 0. Itu sebabnya jadi Rp 1," katanya. Calon penumpang tetap bisa mendapatkan tiket Rp 0 alias gratis jika langsung datang ke stasiun di Bandung.

Setelah masa promosi usai, maka tarif Kereta Pangandaran untuk kelas eksekutif dipatok Rp 150 ribu sampai Rp 520 ribu dan kelas ekonomi seharga Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribu. Kereta Pangandaran melayani empat perjalanan sehari dengan rute Gambir - Bandung - Pangandaran (pergi pulang), seta Gambir - Banjar (pergi - pulang). Kereta Pangandaran memiliki kapasitas 520 penumpang dengan dua layanan yakni kelas eksekutif dan kelas ekonomi premium.

Kereta Pangandaran terdiri dari 4 gerbong penumpang eksekutif dan 4 gerbong ekonomi premium. Kereta Pangandaran menempuh jarak terjauh dari Jakarta menuju Banjar sejauh 328,8 kilometer selama 8 jam, dan rute Bandung ke Banjar sejauh 155,8 kilometer dengan waktu tempuh 4,5 jam. 

PT KAI mengoperasikan 4 Kereta Pangandaran untuk melayani rute tersebut. Rute Gambir - Bandung -Banjar berangkat dari Gambir pukul 07.50 WIB, dari Bandung pukul 11.07 WIB, lalu tiba di Banjar pukul 15.56 WIB. Sementara rute Banjar - Bandung - Gambir berangkat dari Banjar pukul 13.55 WIB, dari Bandung pukul 19.05 WIB, dan tiba di Gambir pukul 22.34 WIB. Rute Banjar - Bandung berangkat dari Bandung pukul 16.20 WIB dan tiba di Banjar pukul 20.34 WIB. Rute sebaliknya Bandung - Banjar berangkat pukul 09.10 WIB dan tiba pukul 13.03 WIB.

Kereta Pangandaran rute Gambir - Banjar juga memberikan pilihan kepada penumpang untuk mengunakan kereta menuju Garut. PT KAI menjual secara khusus tiket kereta Gambir - Garut. Penumpang akan berhenti di Stasiun Cibatu kemudian melanjutkan dengan mobil jemputan khusus yang dikelola anak perusahaan PT KAI, untuk diantar menuju Garut, dengan titik perhentiannya di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 6, Garut.

Selama periode promosi, PT KAI menggratiskan tarif angkutan lanjutan menuju Garut tersebut. Penumpang kereta rute Garut - Gambir bisa memanfaatkan angkutan lanjutan ini untuk diantar menuju Stasiun Cibatu, guna meneruskan perjalanan dengan kereta. Penumpang Kereta Pangandaran yang membeli tiket rute Gambir - Garut ini, tiba di Stasiun Cibatu pukul 13.14 WIB, berpindah ke angkutan lanjutan dengan jadwal keberangkatan pukul 13.30 WIB. Sementara untuk rute Garut - Gambir berangkat pukul 14.30 WIB dari titik penjemputan di Garut, menuju Stasiun Cibatu yang berangkat menuju Stasiun Gambir pukul 16.40 WIB. Rute angkutan khusus Cibatu-Garut menempuh waktu 1 jam.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait