Ada Tempat Wisata Seperti Raja Ampat Ada di NTT

TEMPO | 13 Januari 2019 | 08:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dengan keindahan alam yang eksotis, Raja Ampat menjadi daerah tujuan wisata favorit di Papua. Jika kamu mencari daerah lain yang memiliki keindahan alam serupa dengan Raja Ampat, Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan alternatif tempat bernama Mulut Seribu.

Ketua Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia atau ASITA Provinsi Nusa Tenggara Timur, Abed Frans mengatakan kawasan wisata perairan Mulut Seribu di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, memiliki pesona alam yang tak jauh berbeda dengan Raja Ampat di Papua Barat. "Pulau-pulau kecilnya sangat mirip dengan di Raja Ampat," kata Abed Frans.

Menurut dia, Perairan Mulut Seribu dapat dikembangkan menjadi objek wisata baru di Kabupaten Rote Ndao. Keindahan alam berupa perairan yang jernih, biota laut, dan pulau-pulau kecil menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Asosiasi, menurut dia, sudah berupaya menawarkan destinasi perairan Mulut Seribu kepada wisatawan sejak tahun lalu. Sayangnya, Abed melanjutkan, langkah itu belum ditunjang dengan promosi dan kegiatan lain di daerah setempat.

"Di Rote Ndao masih sangat sedikit kegiatan pariwisata yang diadakan pemerintah di Mulut Seribu, sehingga terkesan kurang promosi," katanya. Apabila pemerintah ingin menjadikan perairan Mulut Seribu sebagai destinasi wisata eksklusif dan cocok dengan selera pasar, maka, menurut Abud, kawasan ini akan ramai pengunjung.

Yang perlu dilakukan sekarang, Abud melanjutkan, sinergi antara pemerintah dan pelaku wisata untuk mengembangkan objek wisata perairan Mulut Seribu dan sekitarnya. "Pemerintah menyiapkan infrastrukur serta kalender event, kemudian promosi bersama dengan pelaku wisata," ucap dia.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait