Liburan Keluarga, 3 Kesalahan Umum para Orang Tua

TEMPO Kamis, 17 Januari 2019 23:59:37
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Pergi liburan bersama keluarga sangat menyenangkan. Selain dapat mempererat hubungan antaranggota keluarga, liburan juga dipercaya dapat memperbaiki kualitas hidup secara keseluruhan. Sayangnya, masih ada beberapa hal salah yang dilakukan orang tua saat liburan bersama keluarga.

Psikolog anak dan keluarga Nadya Pramesrani mengatakan, ada tiga kesalahan umum yang dilakukan orang tua saat liburan bersama keluarga. Apa saja? 

Tidak melibatkan anak dalam merencanakan liburan

Saat akan pergi liburan, orang tua sering kali tak melibatkan anak-anak dalam perencanaan aktivitas. Padahal, anak seharusnya diperlakukan adil melalui kesempatan untuk menentukan tujuan destinasi yang mereka suka. Ini dipercaya dapat menciptakan komunikasi yang lebih baik dan konsensus yang merata antaranggota keluarga.

Lupa memperhatikan pola makan dan jadwal istirahat

Waktu yang singkat dengan banyaknya destinasi yang ingin dikunjungi, orang tua sering kali melupakan dan mengorbankan pola makan dan jadwal istirahat keluarga. Padahal, makanan dan istirahat yang kurang justru dapat menghambat aktivitas mereka. Ini dapat membuat tubuh menjadi lemas dan tambahan penyakit yang muncul saat liburan, seperti maag dan pusing.

Tidak melengkapi diri dengan informasi destinasi

Satu hal yang sangat sering dilakukan para orang tua adalah mengunjungi destinasi tanpa memperhatikan kebutuhan dan karakter masing-masing anggota keluarga. Salah satu contoh, mereka berlibur ke sebuah taman bermain terbuka di saat salah seorang anak sensitif terkena sinar matahari. Ini akan menimbulkan kesulitan yang tak hanya dialami sang anak namun juga orang tua selama liburan.

TEMPO.CO

Penulis TEMPO
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.