Cerita Diego Yanuar, Adik Andien yang Bersepeda Melintasi 23 Negara. Luar Biasa!

TEMPO | 13 Maret 2019 | 18:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Diego Yanuar, adik penyanyi Andien Aisyah, keliling dunia dengan naik sepeda. Luar biasa. Diego Yanuar mengenang perjalanannya bersepeda dari Belanda ke Indonesia. Perjalanan Diego dari Belanda ke Indonesia ditempuh selama 332 hari, dimulai pada April 2018 dari Belanda kemudian tiba di Indonesia penghujung Februari 2019 lalau.

Dalam perjalanan itu Diego Yanuar melintasi 23 negara, menempuh perjalanan sejauh 12.000 kilometer. Di antara sekian banyak negara yang dilalui, negara yang menurut dia paling mengesankan adalah Tajikistan, karena rute yang dilewati dominan kawasan pegunungan. "Jadi memang ekstrim menantang fisik," katanya, Selasa, 12 Maret 2019.

Diego Yanuar menuturkan, perjalanan di Tajikistan sangat menantang. Alasannya, karena melintasi pegunungan di ketinggian lebih dari 4600 meter di atas permukaan laut. Saat udara dingin semakin menjadi karena salju akan turun, Diego dan rekannya, Marlies Fenneman, bertemu warga kemudian diajak berteduh di rumah. "Kami menemukan orang-orang baik selama perjalanan. Semua menawarkan makan, minum, singgah di rumahnya," tutur Diego.

Selama melakukan perjalanan keliling dunia dengan sepeda itu, Diego Yanuar juga ditantang secara mental. Namun bukan tantangan karena menempuh rute perjalanan, tapi ingatannya tentang keluarga. "Kepikiran keluarga di rumah, kadang enggak bisa kontak langsung," katanya.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait