3 Tempat Wisata Kekinian di Wakatobi untuk Liburan Anda Selanjutnya

Tubagus Guritno | 22 April 2019 | 01:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wakatobi, gugusan pulau indah di Sulawesi ini tak pernah habis menawarkan keindahan baharinya untuk pengunjung yang ingin sejenak keluar dari padatnya aktivitas sehari-hari.

Pulau ini memiliki setidaknya 40 titik penyelaman kelas dunia yang terkenal akan keindahan biota lautnya. Tak heran jika saintis dan penjelajah laut ternama dunia, Jacques Cousteau menasbihkan Wakatobi sebagai perairan dengan lokasi diving terbaik di dunia.

Pesona bahari Wakatobi yang sudah diakui secara internasional saja harusnya sudah menjadi alasan yang cukup untuk mengunjungi pulau satu ini. Namun, bagi Anda yang masih memerlukan referensi tempat wisata kekinian di Wakatobi, ada beberapa destinasi yang mungkin dapat dimasukkan dalam daftar kunjungan, seperti:

1. Desa Kulati, Tomia, tempat terbaik menikmati pemandangan alam autentik Wakatobi

Hampir seluruh tempat di gugusan Pulau Wakatobi memiliki keindahan bahari yang memesona. Namun, ada satu tempat khusus yang diklaim memiliki pesona alam autentik khas Wakatobi, namanya Desa Kulati yang terletak di timur Pulau Tomia. Sekilas, Desa Kulati tampak sama seperti desa di kawasan pantai pada umumnya. 
Begitu memasuki area perbukitan di desa ini, Anda dapat melihat perpaduan langit cerah, hijaunya perbukitan, dan laut biru yang tampak cantik dan jarang ditemukan di tempat lain. Datanglah pada malam hari, Anda dijamin akan dibuat takjub berkat bersihnya langit Desa Kulati. Anda bahkan dapat menyaksikan gugusan bintang yang jarang ditemukan di langit kota-kota besar.

2. Menyambangi perkampungan warga lokal Bajo Sempela, Kaledupa

Di Bajo Sempela, Anda akan bertemu para penakluk laut yang tinggal di Kepulauan Wakatobi. Suku Bajo, yang terkenal sebagai pelaut, tinggal di kawasan ini dan masih menjunjung tinggi nilai-nilai tradisi yang kental. Di kampung Bojo Sempela ini ada setidaknya 3.000 warga yang bermukim di rumah tradisional yang terbuat dari kayu. Anda dapat berkenalan dengan warga lokal dan ikut menjelajahi laut menggunakan peralatan selam khas warga Bajo Sempela.

3. Menjajal jernihnya kolam Gua Kontamale, Pulau Wangi-wangi

Banyak yang meyakini kolam Gua Kontamale terhubung langsung dengan lautan. Banyak juga yang berpendapat, munculnya kolam di gua ini merupakan hasil dari proses natural alam yang berlangsung selama beratus-ratus tahun. Namun, semua bisa sepakat bahwa kolam alami Gua Kontamale ini memiliki pesona luar biasa berkat airnya yang berwarna biru jernih. Saat dilihat dari atas tebing, air kolam bahkan tampak bersinar bak batu permata saat terpapar dengan sinar matahari. 

Itulah tiga tempat wisata kekinian di Wakatobi yang wajib Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan saat liburan nanti.

Sudah punya rencana liburan ke Wakatobi? Sudah booking tiket pesawatnya? Kalau belum, coba cari tahu harga tiket murah secara online. Siapa tahu Anda dapat memperoleh tiket Garuda Indonesia ke Wakatobi dengan harga terjangkau.

Kunjungi website Airy untuk mendapatkan informasi harga tiket pesawat terbaru ke berbagai destinasi di Indonesia. Anda juga dapat melakukan pemesanan tiket dari berbagai maskapai dengan mudah dan nyaman, karena disediakan layanan reschedule dan refund bagi pengguna yang mengalami kendala. Dengan layanan konsumen yang cepat tanggap, proses booking tiket pesawat, reschedule, maupun refund jadi lebih aman dan mudah.
 

Penulis : Tubagus Guritno
Editor: Tubagus Guritno
Berita Terkait