Ubud Bali Siap Ditetapkan Sebagai Destinasi Gastronomi Dunia

Romauli Gultom Rabu, 12 Juni 2019 00:41:41
Jumpa pers Destinasi Gastronomi Dunia di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (11/6).

TABLOIDBINTANG.COM - Ubud di Kabupaten Gianyar, Bali, segera ditetapkan sebagai destinasi gastronomi berstandar global oleh organisasi pariwisata dunia atau UN World Tourism Organization (UNWTO).

Untuk itu, tim UNWTO akan melakukan serangkaian penilaian di Ubud.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, pemilihan Ubud sebagai destinasi gastronomi berkelas dunia adalah karena memenuhi kriteria. Mulai dari kuliner yang khas, penggunaan produk budaya lokal dan sejarah, kilas balik makanan, serta nutrisi dan kesehatan.

"Jika ingin bersaing di global maka harus memiliki standar global. Sebagai destinasi kuliner kelas dunia, maka harus punya sertifikasi kelas dunia," ujar Arief Yahya dalam jumpa pers Destinasi Gastronomi Dunia di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (11/6).

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Vita Datau menyambut baik “Kick Off” penetapan Ubud menjadi destinasi gastronomi prototype standar UNWTO.

“Program yang dikerjakan oleh Kementerian Pariwisata dan UNWTO ini memasuki tahapan penting yaitu kunjungan tim yang ditunjuk oleh UNWTO untuk melakukan pendalaman dan penilaian atas destinasi yang diusulkan oleh Kementerian Pariwisata sejak 2017,” jelas Vita Datau.

Tahap ini disebut sebagai tahap pengembangan produk wisata gastronomi di Ubud, dimana ditahap ini akan banyak melibatkan peran pemerintah Kabupaten Gianyar, dan pelaku industri pariwisata.

“Melalui wawancara, kunjungan, verifikasi tim UNWTO akan bekerja selama lebih kurang 1 minggu di destinasi yang telah sangat siap menjadi destinasi gastronomi kelas dunia ini,” katanya.

Vita mengatakan pihaknya melihat potensi yang besar di Indonesia dengan aset gastronomi yang sangat luar biasa terutama keberagaman budaya dan bahan pangan lokal yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara. 

“Program ini adalah satu dari strategi Pengembangan Wisata Kuliner Kemenpar yakni menaikkan popularitas destinasi kuliner yang lebih dikenal dunia sebagai destinasi gastronomi ke standar internasional,” ungkapnya.

Tim UNWTO diwakili oleh Aditya Amaranggana sebagai Project Specialist mengatakan pihaknya mengapresiasi Indonesia akhirnya berhasil terpilih sebagai destinasi prototype untuk Wisata Gastronomi.

“Melalui program ini akan memberikan kesempatan bagi Indonesia melalui Ubud Gianyar untuk menunjukan aset budaya gastronomi yang sangat luar biasa,” ujarnya.
 

Penulis Romauli Gultom
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.