Suka Ngopi? Cicipi Kopi Ala Belitung di 4 Warkop Ini!

Infomercial Jumat, 18 Oktober 2019 23:45:18
Warung Kopi Ake, salah satu warkop paling terkenal di Belitung.

TABLOIDBINTANG.COM - Belitung tidak hanya terkenal dengan kuliner seperti mi Belitung, gangan, dan ketam isi. Kopi ala Belitung wajib menjadi pilihan, terutama jika dinikmati di “warkop.”

Warung kopi ala Belitung adalah tempat nongkrong favorit warga dan turis, bahkan ada juga yang usianya sudah hampir seabad. Harga mereka yang relatif murah cocok jika kamu ingin mengirit, misalnya karena ingin memesan hotel di Belitung yang murah.

Berikut empat warkop yang bisa kamu jajal saat sampai di Belitung.

1.    Warung Kopi Ake

Warung Kopi Ake mungkin salah satu warkop paling terkenal di Belitung. Berdiri pada tahun 1922, warkop ini telah dikelola oleh tiga generasi. Walau papan namanya terlihat baru, desainnya masih sederhana dan terlihat lawas, dengan foto-foto lama, dinding berwarna hangat, serta kursi dan meja kayu sederhana.
 
Kopi di Warung Kopi Ake memiliki rasa khas karena masih dimasak dengan kompor arang. Alat pembuat kopinya juga terlihat masih sederhana, termasuk teko tembaga antik. Sajian utamanya adalah kopi hitam biasa dan kopi susu, tetapi ada juga teh telur dan teh tarik bagi yang tidak suka kopi.

Warung ini berlokasi di Kawasan Kafe Senang, Tanjung Pandan. Jam bukanya dari pukul 5.30 hingga 18.30.

2.    Warung Kopi Kong Djie

Satu lagi warkop legendaris di Belitung, usia Warung Kopi Kong Djie lebih muda dari Ake, karena baru berdiri pada tahun 1953. Akan tetapi, warung ini sudah memiliki beberapa cabang di luar Belitung. Ciri khas kopinya adalah rasa yang cukup kuat, karena kandungan 70 persen biji Robusta yang hanya dicampur 30 persen Arabica.

Warung Kopi Kong Djie menyajikan varian kopi hitam dan kopi dengan susu kental manis, baik dingin maupun panas. Campuran kopi susunya sedemikian rupa sehingga pas, tidak terlalu manis. Kamu juga bisa menikmati kue-kue seperti jadah, ketan, dan pisang goreng.

Warung ini berlokasi di Jalan Serma Abdullah, Tanjung Pandan. Warung ini sudah buka sejak pukul 06.00, dan biasanya tutup sekitar pukul 21.00.

3.    Warung Kopi Atet

Warung Kopi Atet berdiri sejak tahun 1949, dan menyajikan kopi khas daerah Manggar. Kopi Manggar merupakan varian Robusta yang terkenal dengan kandungan kafein tinggi serta rasa kuat. Tingkat keasaman yang rendah membuatnya terasa mantap di lidah. Rasa kopi ini tidak akan terlalu terpengaruh walau sudah dicampur susu kental manis atau gula.

Warung Kopi Atet sendiri masih mempertahankan desain lama, walau sudah melalui sedikit renovasi. Kopinya dibuat dengan teko tinggi yang di atasnya diberi kain saringan. Proses pembuatannya mirip dengan kopi di kedai-kedai Hainan.

Warung ini berlokasi di Jalan Sudirman, area Lipat Kajang, Manggar. Warung ini buka cukup lama, yaitu dari pukul 08.00 hingga 03.00.

4.    Warung Kopi Janggut

Warung Kopi Janggut menghadirkan paduan kopi, nyanyian, dan puisi. Berdiri pada tahun 1970, kedai kopi ini menyuguhkan kopi khas dengan gula aren. Keunikannya adalah pertunjukan musik yang sering dibawakan oleh seniman lokal. Pemiliknya, Diran Janggut, sering berkreasi dengan melantunkan puisi untuk pengunjung yang baru datang.

Warung Kopi Janggut berlokasi di Pasar Berehun, Tanjung Pandan. Kedai ini buka dari pukul 06.00 hingga 24.00.

Ingin segera ngopi di Belitung? Jangan lupa booking hotel online lewat Airy. Kamu bisa mendapatkan harga termurah tanpa biaya tersembunyi. Nikmati fasilitas standar seperti AC, Wi-Fi, TV layar datar, dan kamar mandi dengan pancuran di setiap kamar. Airy adalah solusi akomodasi tepat untuk penjelajah kopi di Belitung.
 

Penulis Infomercial
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.